MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI KETERAMPILAN PROYEK MATERI FUNGSI KUADRAT
Model pembelajaran, Project Based Learning, Nilai proyek
Abstract
Tujuan penelitian dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk membantu siswa mahir dalam memecahkan masalah dengan proyek materi fungsi kuadrat pada siswa kelas XI TPM SMK Negeri 1 Sedayu. Rancangan penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan memberi tindakan dalam dua siklus, masing-masing siklus tiga pertemuan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data dikoreksi, dihitung, dicari persentasenya, dimasukkan kategori. Rekap nilai dibandingkan dengan indikator keberhasilan, untuk ditarik kesimpulan. Nilai keterampilan proyek melukis parabola materi fungsi kuadrat siklus I sebesar 48,15%, siklus II menjadi 100% dengan tugas proyek mengalami peningkatan sebesar 51,85%. Perolehan nilai keterampilan proyek sudah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan.