PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KEWARGAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Literasi Kewargaan, Model pembelajaran, Student Facilitator & Explaining
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan berlatar belakang belum diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran dan rendahnya kegiatan literasi kewargaan. Siswa kurang aktif, cepat bosan, kurang fokus dan hasil belajar rendah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran serta meningkatkan kemampuan literasi kewargaan melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran PPKn bagi peserta didik kelas XII Tata Busana SMKN 1 Pengasih. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi kewargaan (Siklus I: 80,64%; Siklus II; 80,65 %). Kemampuan literasi kewargaan melalui pengamatan Guru Kolaborator meningkat; siklus I: 6,45 % (sangat bagus); 90,32 % (bagus); 3,23 % (tidak datang) ; Siklus II : 100 % (sangat bagus). Kesimpulan, model pembelajaran Student Facilitator And Explaining mampu meningkatkan kemampuan literasi kewargaan peserta didik.