PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP HOTS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI TEGALSARI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Chatarina Suparti
Keywords:
Kompetensi guru, In House Training, RPP HOTS, PJJ

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri Tegalsari dalam penyusunan RPP HOTS Pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan In House Training (IHT). Langkah-langkah IHT adalah sebagai berikut: 1. Pendahuluan yang merupakan persiapan segala sesuatu yang diperlukan dalam kegiatan IHT mulai dari peserta, materi, narasumber, sarana dan prasarana, waktu dan tempat. 2. Inti/ pelaksanaan IHT dan 3.penutup yang berisi evaluasi dan refleksi pelaksanaan IHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah.Peserta dalam kegiatan IHT adalah 4 guru di SD Negeri Tegalsari Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen telaah penyusunan RPP dan Instrumen pelaksanaan IHT. Data yang diperoleh dari kegiatan IHT siklus pertama kemudian dianalisis dan direkap selanjutnya akan digunakan sebagai rujukan untuk menentukan rencana tindak lanjut pada siklus yang ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IHT dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan RPP HOTS dengan IHT skor siklus 1 sebesar 85 dan skor siklus 2 meningkat menjadi 86,9 capaian peningkatan sebesar 2%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-28
How to Cite
SupartiC. (2022, January 28). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP HOTS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI TEGALSARI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(1), 81-88. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2491

STATISTICS

Abstract viewed = 96 times
PDF downloaded = 68 times