MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MEMBUAT POWER POINT MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN KALIBAWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keterampilan guru, In House Training, Media Power Point
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media power point melalui In House Training (IHT) di SD Negeri Kalibawang Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian guru kelas dan guru mata pelajaran yang berjumlah Sembilan orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi IHT pembuatan media power point. Hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan bahan acuan tindakan berikutnya. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Tingkat keberhasilan kemampuan guru dalam pembuatan media power point apabila prosentase guru yang memiliki kriteria kategori baik telah mencapai ≥ 76 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IHT dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan media power point di SD Negeri Kalibawang Kulon Progo. Dalam pelaksanaan IHT pada siklus I sebesar 76,1% (baik) dan siklus II sebesar 87,5% (baik). Terjadi peningkatan sebesar 11,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kegiatan IHT dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan media power point di SD Negeri Kalibawang Kulon Progo.