PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP DARING DI SD N 2 GIRIPURWO TAHUN 2021/2022
IHT, Kompetensi guru, RPP daring
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini secara umum adalah upaya peningkatan kompetensi guru kelas SD di SD Negeri 2 Giripurwo kapanewon Girimulyo dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring melalui In House Training (IHT). Dalam pelaksanaan penelitian tindakan sekolah yang menjadi subyek adalah guru kelas sebanyak 5 orang dan guru mata pelajaran sebanyak 2 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dengan pendekatan kualitatif dengan menyajikan data hasil penelitian secara deskriptif berupa data pemaparan dari data diteliti dengan membandingkan kondisi sebelum tindakan dengan setelah tindakan dilaksanakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi terhadap kegiatan dalam menyusun RPP daring, dan melakukan wawancara dengan guru dalam membahas masalah-masalah yang dialami oleh guru dan tanggapan guru terhadap pelaksanaan In House Training dalam penyusunan RPP daring. Hasil penelitian ini adalah In House Training penyusunan RPP daring dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP daring bagi guru di SD Negeri 2 Giripurwo semester 1 Tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pelaksanaan IHT penyusunan RPP daring pada siklus I diperoleh rata-rata 58,92 atau 58,92 % dan masuk kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 86,43 atau 86,43 % dan masuk kategori amat baik. Pada akhir siklus II peningkatan capaian nilai dari peserta sebanyak 27,51. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun RPP daring semester I tahun pelajaran 2021/2022 di SD Negeri 2 Giripurwo dapat meningkat setelah melalui kegiatan In House Training (IHT). Peningkatan tersebut dilihat dari hasil. Hal ini menunjukkan bahwa program IHT dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP daring.