MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATERI PERKEMBANGBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS VI SD NEGERI 1 GIRIPURWO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Susmiati Susmiati

Keywords:

Keaktifan Belajar, Perkembangbiakan Tumbuhan, Discovery Learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan melalui model Discovery Learning di kelas VI SD Negeri 1 Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 22 peserta didik. Setelah diterapkan model Discovery Learning saat pembelajaran kombinasi daring luring, terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1 keaktifan belajar siswa yang diperoleh persentasenya sebesar 69%, dengan kategori cukup. Siklus I pertemuan 2 keaktifan belajar yang diperoleh persentasenya sebesar 75% dengan kategori baik. Siklus II pertemuan 1 keaktifan belajar siswa yang diperoleh persentasenya sebesar 85% dengan kategori baik dan siklus II pertemuan 2 keaktifan belajar siswa yang diperoleh persentasenya sebesar 92% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATERI PERKEMBANGBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS VI SD NEGERI 1 GIRIPURWO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (2022). Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(1), 23-33. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2486