UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPP HOTS MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SD NEGERI 1 JONGGRANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/ 2022
Kompetensi Guru, RPP HOTS, In House Training (IHT)
Abstract
Kurangnya kemampuan guru dalam membuat RPP Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran pada kurikulm 2013 membuat guru kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran dengan kecakapan abad 21. Keterampilan Kecakapan abad 21 meliputi PPK, Literasi, keterampilan 4C, dan HOTS. Dari hasil supervisi yang dilakukan peneliti dari 8 guru hanya 2 guru yang mampu membuat RPP kurikulum dengan kecakapan abad 21 dengan baik. Sebagian besar guru hanya membuat RPP model lama atau bahkan hanya mengcopy paste tahun yang lalu. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan RPP HOTS dalam pembelajaran. Dengan meningkatnya kemampuan guru diharapkan prestasi belajar siswa meningkat pula. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Yang dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian adalah guru-guru pada SD Negeri 1 Jonggrangan yang berjumlah 8 orang. Teknik penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan metode pengolahan data secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan ketercapaian yang dijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 2 pertemuan meliputi kaidah PTS yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi di setiap pertemuan dan siklusnya. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sekurang-kurangnya 50% dari guru dengan kategori sangat baik dapat membuat RPP HOTS.