PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 GIRIPURWO

  • Wantini Wantini
Keywords:
Media Pembelajaran, Flash card, Model Kooperatif, Membaca permulaan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dalam melafalkan huruf, kata, dan kalimat dengan intonasi yang benar, lancar serta suara nyaring, melalui model pembelajaran kooperatif dengan media flash card pada siswa kelas I SD Negeri 1 Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas I yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca dengan unjuk kerja 2) tes pemahaman lisan 3) observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata kelas 77 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan menggunakan media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri 1 Giripurwo. Keterampilan membaca pada kondisi awal nilai rerata 72,35 tingkat ketuntasan kelas 47,05 %. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rerata 76,35 tingkat ketuntasan kelas 58,82 %. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rerata 80,29 tingkat ketuntasan kelas 64,70 %. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rerata 83,76 tingkat ketuntasan kelas 76,47 %. Pada siklus II pertemuan 2 nilai rerata 86,76 tingkat ketuntasan kelas 82,35 %. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu rerata 77 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan media kartu kata tanpa gambar ukuran 20 x 15 cm dengan satu kata. Pada siklus II digunakan media kartu kata bergambar (flash card) ukuran 30 x 20 cm dilengkapi gambar berwarna dengan jumlah kata lebih dari satu kata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-28
How to Cite
WantiniW. (2022, January 28). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 GIRIPURWO. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(1), 1-9. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2484

STATISTICS

Abstract viewed = 166 times
PDF downloaded = 131 times