Pengaruh Metode Ice Breaking Berbantuan Musik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika
Metode Ice Breaking, Pembelajaran, Hasil Belajar, Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan metode ice breaking pada pembelajaran Matematika kelas 3, (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajran Matematika setelah menggunakan metode ice breaking, (3) perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode ice breaking dengan yang tidak menggunakan metode ice breaking peserta didik kelas 3 di SD N 2 Wonosroyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), kuantitatif dan eksperimen. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan diantaranya: silabus, RPP, dan lembar evalusi siswa (pretest dan posttest). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh peserta didik SD N 2 Wonosroyo. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 3. Dengan kelas 3 A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas 3 B sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji-t. Dengan uji gain diperoleh hasil 0,589 untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol diperoleh hasil 0,405. Artinya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika menggunakan metode ice breaking lebih baik. Peningkatan hasil belajar juga bisa dilihat dikelas eksperimen semula 58,73 menjadi 83,03 Sedangkan kelas kontrol semula 59,23 menjadi 75,73. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 9,77 dan t.tabel diperoleh hasil 11,07 Sedangkan pada taraf signifikasi 1% diperoleh hasil t_hitung sebesar 2,663 dan pada taraf signifikasi 5% diperoleh hasil t_hitung sebesar 2,002. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode ice breaking dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional.