Penerapan Metode Drill untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa
Metode Drill, Pembelajaran, Hasil Belajar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode Drill dalam mata pelajaran al-Qur’an hadits untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III MI Ma’arif Klesman. (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III dengan menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran al-Qur’an hadits. (3) Untuk mengetahui ada tidak perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa hasil tes, dokumentasi, wawancara, observasi, teknik analisis data penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental atau kuasi eksperimen, dari data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil tindakan pada penelitian. Hasil penelitian didapatkan Pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode Drill diterapkan dengan cara, Siswa diajak untuk membaca surat al-Qariah bersama-sama. Secara berulang-ulang siswa menirukan pelafalan surat al-Qariah dengan benar dan fasih. Pada kelas eksperimen yaitu tinggi = 0,770, sedangkan hasil uji gain kelas kontrol yaitu 0,53, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas kontrol sedang. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis yang diperoleh t_hitung 5,32. Selanjutnya t_hitung tersebut dibandingkan dengan t_tabel dengan dk = n1+n2-2 = 37-33-2 = 68. Dengan dk 68 dan taraf kesalahan 5% maka t_tabel = 1,995 dan pada taraf kesalahan 1% t_tabel= 2,650. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila t_hitung lebih kecil dari H_0 maka t_tabel diterima. Ternyata diperoleh t_hitung lebih besar (5,32>1,995 dan t_tabel 5,32>2,650). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.