Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Dan Penguatan Peran Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitul Makmur Di Dusun Bakulan
Pendampingan, Pembelajaran, Penguatan, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Abstract
Pendidikan dapat meningkatkan taraf hidup dan memungkinkan seseorang untuk dapat meningkatkan kemampuanya secara terencana. Oleh sebab itu untuk merencanakan dan mengembangkan karakter anak sangat dibutuhkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan formal yang didapat dari sekolah melainkan pendidikan nonformal sebagai upaya meningkatkan kualitas anak dalam ilmu pengetahuan, keterampilan dan karakternya. Pemerintah telah menetapkan tujuan pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 sebagai berikut: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang ada di masyarakat Bakulan adalah Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ). Meskipun sudah banyak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang sukses dan maju dengan programnya namun masih banyak juga Taman Pendidikan Al-Qur’an yang membutuhkan penggerak program baru atau penambahan tenaga pendidik untuk meningkatkan suasana belajar mengajar yang lebih kondusif. Dengan begitu peran penting Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam masyarakat akan lebih terasa hasilnya dan semakin banyak anak yang berminat untuk Ta’allum di TPQ tersebut.