Supervisi Adaptif Berbasis Coaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Muhammadiyah Taraman

  • Roni Muslikah
  • Pamungkas Setya Mulyani
  • Yurita Erviana
Keywords: Supervisi Pendidikan, Supervisi Adaptif, Coaching Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam proses penerapan supervisi berbasis coaching dan dampaknya terhadap kinerja guru. Penelitian deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi fenomena secara holistik melalui interaksi langsung dengan subjek penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, serta member checking kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) MI Muhammadiyah Taraman telah menerapkan supervisi berbasis coaching secara terstruktur. (2) Setiap sesi coaching diawali dengan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan guru, dilanjutkan dengan eksplorasi terhadap tantangan yang dihadapi, dan penyusunan strategi perbaikan. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru merasa lebih nyaman dan terbuka dalam menyampaikan kendala yang dialami. Coaching juga dilakukan secara individual, sehingga pendekatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing guru. Temuan ini sejalan dengan pendapat Tschannen-Moran & Tschannen-Moran (2011) yang menyatakan bahwa pembinaan efektif dalam membangun budaya profesional yang positif. Pembinaan memungkinkan guru untuk berkembang dari dalam diri mereka sendiri, bukan karena tekanan eksternal. Hasil penelitian ini juga memperkuat penelitian Glickman dkk. (2018) yang menyatakan bahwa supervisi suportif dan reflektif cenderung lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dibandingkan supervisi otoritatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-27
How to Cite
Muslikah, R., Mulyani, P., & Erviana, Y. (2025, February 27). Supervisi Adaptif Berbasis Coaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Muhammadiyah Taraman. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 5(1), 80-88. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/10178