PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MOTIVASI DAN NIAT MENJADI ENTREPRENEURS PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan kewirausahaan memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan diberikan kepada mahasiswa keperawatan melalui Mata Kuliah Kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk mendorong semangat kemandirian bagi profesi perawat dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dengan motivasi dan niat menjadi entrepreneurs pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian destriptif korelasional dengan desain obsevasional (non-ekperimental). Teknik yang digunakan adalah stratified random sampling dan simple random sampling dengan jumlah responden 163 mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan kewirausahaan dengan motivasi dan niat menjadi entrepreneurs pada mahasiswa keperawatan. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun insitusi pendidikan keperawatan dalam meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa keperawatan, khususnya dalam numbuhkan motivasi dan niat untuk berwirausaha bagi mahasiswa keperawatan.
Rincian Artikel
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Dharma, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.
Farhangmehr, M., Gonçalves, P., & Sarmento, M. (2016). Predicting entrepreneurial motivation among university students: The role of entrepreneurship education. Education and Training, 58(7–8), 861–881. https://doi.org/10.1108/ET-01-2016-0019
Fayolle, A. (2013), “Personal views on the future of entrepreneurship education”, Entrepreneurship and Regional Development, 25 (7-8), 692-701.
Fenton, M. and Barry, A. (2014), “Breathing space-graduate entrepreneurs perspectives of entrepreneurship education in higher education”, Education+Training, (8-9), 733-744.
Galih, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84
Iglesias-Sánchez, P., Jambrino-Maldonado, J., Velasco, A. and Kokash, H. (2016), “Impact of entrepreneurship programmes on university students”, Education+Training, 58 (2), 209-228.
Jones, C. and Penaluna, A. (2013), “Moving beyond the business plan in enterprise education”, Education+Training, 55 (8-9), 804-814.
Kim-Soon, N., & Ahmad, A. R. (2017). Entrepreneurial Motivation and Entrepreneurship Career Intention: Case at a Malaysian Public University.
Leblebicioglu, H., Baysal, E., & Khorshid, L. (2018). Investigation of Relationship between Entrepreneurship and Individual Innovativeness in Nurse Academicians. In International Journal of Caring Sciences (Vol. 11). Retrieved from www.internationaljournalofcaringsciences.org
Malebana, J. (2014). Entrepreneurial intentions of South African rural university students: A test of the theory of planned behavior, Journal of Economics and Behavioral Studies, 6 (2), 130-143.
Marinič, P., Záthurecký, V., & Špičák, O. (2015). Motivation of University Students as Future Entrepreneurs. Central European Journal of Management, 1(2), 51–69. https://doi.org/10.5817/cejm2014-2-4
Neck, H. and Greene, P. (2011), “Entrepreneurship education: known worlds and new frontiers”, Journal of Small Business Management, 49 (1), 55-70.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.
Shepherd, D. A., & Patzelt, H. (2018). Entrepreneurial Cognition Exploring the Mindset of Entrepreneurs.
Valliere, D. (2015). An Effectuation Measure of Entrepreneurial Intent. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 169(August 2014), 131–142. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.294
Zhang, Y., Duyesters, G. and Cloodt, M. (2013), “The role of entrepreneurship education as a predictor of university students’ entrepreneurial intention”, International Entrepreneurship Management Journal, 9 (1), 1-19.