PENGARUH VIDEO VIRTUAL TOUR INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan: Mengetahui adakah pengaruh pemberian video virtual tour Instalasi Bedah Sentral (IBS) terhadap motivasi belajar mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi semester 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 64 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner motivasi belajar. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil: Sebelum diberikan video virtual tour IBS sebagian besar responden pada tingkat motivasi sedang dengan mean 54,41 dan sesudah diberikan sebagian besar responden pada tingkat motivasi tinggi dengan mean 69,90. Hasil uji wilcoxon nilai p-value 0,000 maka nilai p-value <0,05.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh video virtual tour Instalasi Bedah Sentral (IBS) terhadap motivasi belajar mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Rincian Artikel
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Arneliwati & Agrina, A. P. D. (2018). The Effectiveness of Health Education Using Audiovisual Media on Increasing Family Behavior in Preventing Dengue Hemorrhagic Fever (DHF). Riau International Nursing Conference, 29(1), 30–33. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2018.11.013
Asari, M. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Menjahit Gaun pada Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana di SMK Diponegoro Yogyakarta.
Fauziah, R. S., Yuliandari, K. P., & Harjanto, T. (2022). Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa PSIK UGM terhadap Penerapan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Keterampilan Klinik Keperawatan. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas, 6(2), 83–91. https://doi.org/10.22146/jkkk.73657
Heryana, A. (2017). Uji McNemar dan Uji Wilcoxon (Uji Hipotesa Non-Parametrik Dua Sampel Berpasangan). Catatan Ade Heryana, May, 3–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17682.48325
Hikmasari, M. (2016). Peran Media Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas III. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 18 Tahun 2016 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Penata Anstesi, (2016). www.peraturan.go.id
Khoirunnisa, N. (2016). Pengaruh Urutan Kehamilan dan Jenis Kelamin Terhadap Motivasi Siswa di SMP An-Nur Bululawang. Skripsi, 02(02), 159–172.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa (A. Kamsyach (ed.); 3rd ed.). Remaja Rosdakarya.
Kruglanski, A. W., Chernikova, M., & Schori-Eyal, N. (2014). From Readiness to Action: How Motivation Works. Polish Psychological Bulletin, 45(3), 259–267. https://doi.org/10.2478/PPB-2014-0032
Latif, S., Pandang, A., & Rusniyanti. (2021). Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar). Pinisi Journal Of Education, 3, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25330
Li, J., et al. (2019). Impact of an Animation Education Program on Promoting Compliance With Active Respiratory Rehabilitation in Postsurgical Lung Cancer Patients. Cancer Nursing, Publish Ah. https://doi.org/10.1097/ncc.0000000000000758
Mayasari, D. E., Darmono, A. Y. D., & Rochani, S. (2016). Pengunaan Media Audio Visual Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar.
Muflih, M. H. (2019). Pengaruh Umpan Balik dengan Menggunakan Video Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Latihan OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. In Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Vol. 561, Issue 3). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Nahar, A. (2020). Pengaruh Tayangan Film Nasional Bertema Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Santri Pondok Qur’an Bustan Al-Hikam Dusun Lemang Indragiri Hulu. 21(1), 1–9.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). PT Rineka Cipta.
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Pratika, D. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponorogo Tahun 2020/2021. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Purnamasari, V., & Setyawan, A. (2020). Factors That Affecting Student’s Learning Readiness in Clinical Practice. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 8(1). http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/index
Santosa, D. T., & Us, T. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 13(2), 14–21. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/2896
Sianturi, S. R., & Natalia, L. (2021). Nursing Students Readiness Through Clinical Learning. Journal of Nursing Science Update (JNSU), 9(1), 126–132. https://doi.org/10.21776/ub.jik.2021.009.01.16
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Suhendar, A., & Fernando, A. (2017). Aplikasi Virtual Tour Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Autodesk 3Ds Max. ProTekInfo (Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.30656/protekinfo.v3i0.55
Thomas, D. G., Sompie, S. R. U. A., & Sugiarso, B. A. (2018). Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan di Kepulauan Bunaken. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 14–22. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20188
Wulandari, D. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Berbasis Online Siswa Kelas IV SDN larangan 11. Jurnal Pendidikan Empirisme, 144.