TINGKAT STRES DENGAN STRATEGI KOPING PADA SISWA FULL DAY SCHOOL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat stres dengan strategi koping siswa full day school di SMP Islam Al Abidin Surakarta.
Metode: Penelitian kuantitatif bersifat analitik korelasional dengan rancangan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel penelitian 79 responden, sedangkan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Menunjukkan bahwa mayoritas siswa full day school memiliki tingkat stres tinggi sebanyak 60 responden (75,9%), dan menggunakan strategi koping maladaptif sebanyak 53 responden (67,1%). Hasil uji chi square diperoleh ρ value 0,068 lebih besar dari ɑ sebesar 0,05 sehingga tidak ada hubungan antara variabel.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan tingkat stres dengan strategi koping pada siswa full day school di SMP Islam Al Abidin Surakarta.
Rincian Artikel
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Badan Pusat Statistik. 2016. Kota Surakarta Dalam Angka Surakarta Municipallty 2018 < www.bps.go.id>. Diakses 19 Desember 2018.
_____________________. 2018. Data Penduduk Remaja Indonesia
Dinas Pendidikan. 2018. Data Sekolah Menengah Pertama Kota Surakarta
El-Azis, K.M. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Remaja Pada Tahun Pertama Di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Naskah Publikasi:1-75
Goal, N.T.L. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi 24(1):1-11
Juniati, A.S. 2017. Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Yang Digunakan Pada Santri Remaja Di Pondok Pesantren Nurul Alimah Kudus. Riset Kesehatan Untuk Daya Saing Bangsa: 104-111