PEMANFAATAN RUANG TERBUKA PUBLIK DALAM KAJIAN PENGEMBANGAN POTENSI DAYA TARIK WISATA KOTA KUPANG
Abstract
Kota sebagai pusat aktifitas menunjukan upayanya agar memiliki citra kota. Ruang terbuka publik sebagai wadah sarana rekreasi serta meningkatkan ekonomi, sosial dan budaya. Taman kota sebagai ruang terbuka hijau, dalam tatanan pengembangan wisata kota, maka ruang terbuka publik ditunjang oleh faktor pendukung dengan memiliki taman kota yang menarik dan memiliki fasilitas yang memadai sehingga tercipta aktifitas yang beragam. Taman kota yang dijadikan objek penelitian ini memiliki tingkat kunjungan yang bervariasi, fenomena ini menjadi nilai ukur tingkat kepuasan pengunjung menemukan faktor penghambat dan pendukung serta mengevaluasi tingkat kesesuaian strategi pengembangan wisata kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan hasil kuesioner sebagai data primer untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung melalui analisa CSI. Hasil analisis ini dipakai sebagai dasar mengevaluasi pengembangan taman kota yang memiliki potensi daya tarik wisata. Temuan yang dihasilkan adalah tingkat kunjungan pada taman kota bervariasai, karna kondisi setiap lokasi memiliki kualitas berbeda menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan mempunyai peranan penting dalam pengembangan taman kota sebagai destinasi wisata, sehingga perlu ada aturan-aturan dalam pengembangan dan pengelolaan serta berkoordinasi antar instansi serta masyarakat juga berperan dalam keberlangsungan taman kota sebagai objek wisata di kota Kupang.
Downloads
References
Almas, Mirza, Cut Nursaniah, 2022, Evaluasi Fungsi Ekologis Ruang Terbuka Hijau dengan Mengidentifikasi Kerapatan Vegetasi pada Taman Putroe Phang di Kota Banda Aceh, https://jim.usk,ac,id
AC Suryani · 2020, “Skripsi Nilai-nilai Budaya Lokal Sunda dalam Identitas Kawasan Perkotaan Purwakarta, https://eprints .itenas.ac.id.
Budiharjo, Eko. (1998). Kota yang Berkelanjutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Budiharjo, Eko dan Djoko Sujarto. 2009. Kota Berkelanjutan. Bandung: PT Alumni.
DP Ariyani 2022, “ Peranan Taman Kota dalam Mewujudkan Kota Berkelanjutan di RTH Tunjuk Ajar Integritas Kota Pekanbaru. https://repository.uir.ac.id
Ferry, M. Furqon, Agus, 2018, “Pemanfaatan Fasilitas Ruang Terbuka/Publik Sebagai Prasarana Olahraga”. Fakultas Olahraga Kesehatan, Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, Universitas PGRI Banyuwangi
Hantono, D., & Ariantantrie, N. (2018). Kajian Ruang Publik dan Isu Yang Berkembang Di Dalamnya. Jurnal Arsitektur, Bangunan & Lingkungan,
H Primajaya, 2021 “Skripsi Pengembangan Ekowisata berbasis kearifan local ( Studi di desa datsendi kab. Mojokerto. http://repository.ub.ac.id
M Iqbal · 2023 “Manajemen Ruang Terbuka Hijau Perkotaan” https://repository. unibos.ac.id
Manullang, Tesalonika Hillary Presia (2020) “Pengaruh Elemen-Elemen Taman Dan Karakteristik Pengunjung Terhadap Aktivitas Pengunjung Di Taman Gajah Mada” https:// repository .its.ac.id
Nurh Fatiyah 2021 , Skripsi Identifikasi Karakteristik dan Keberagaman Aktifitas pada Taman Tematik di Kota Bandung,https:/ /eprints.itenas.ac.id.
Perda Kota Kupang No 9 Tahun 2019, Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kota, Tahun 2019-2025, "https://peraturan.bpk.go.id
Perda Kota Kupang, Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang "https://peraturan. bpk.go.id
Perda Kota Kupang No 9 Tahun 2012 Perubahan Perda No 11 Tahun 2011,
Perda Kota Kupang No.11 Tahun 2011, tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Wilayah Kota Kupang Tahun 2011-2031,https://jdih. kupangkota. go.id
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008,” tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di KawasanPerkotaan“, https://peraturan.bpk.go.id
Santi,Antonius,Dewa,2021, “Pengembangan Sungai Kapuas sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Indonesia, http://jurnalpariwisata .stptrisakti.ac.id
S. M. Widodo and J. Sutopo,2018 “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018, doi: 10.26877/JIU.V4I1.2224
T Septilia, 2018 “ Skripsi, Kajian Kualitas Ruang Publik Sebagai Destinasi Wisata Ditinjau dari Persepsi Pengunjung (Studi Kasus: Pantai Cermin, Serdang Bedagai)”, https://repositori.usu.ac.id