PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA BANGUNAN SARANA PENDIDIKAN DI KOTA SURABAYA

  • Kefin Setyawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Joko Santoso Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords:
arsitektur, industrial, sumberdayamanusia

Abstract

Pada bidang perekonomian industri sangat berperan besar. untuk mengoptimalisasikan daya Tarik investasi dan budi daya industri, dibutuhkan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang adaptif terhadap penguasaan teknologi dan inovasi, guna meningkatkan daya saing bidang industri. Ketersediaan kualitas Sumber Daya Manusia yang adaptif terhadap penguasaan teknologi dan inovasi didapatkan melalui pendidikan, yang termasuk salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan mutu manusia, yang juga merupakan komponen variabel dalam menghitung Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Arsitektur Industrial merupakan suatu konsep yang mengutamakan segi fungsional dan efisien dengan material yang tidak difinishing tetapi tetap mempertibangkan estetika design sehingga dapat meminimalisis biaya yang dikeluarkan. Arsitektur industrial behubungan dengan penyesuaian dan pemanfaatan kembali barang bekas bangunan menjadi furniture. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memanfaatkan kembali bangunan yang terbengkalai agar menjadi tempat yang bermanfaat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui eksplorasi ide, studi literature tentang prinsip-prinsip arsitektur industrial, dan pengumpulan data dari berita online.   Pokok permasalahan yang akan diselesaikan pada penelitian ini yaitu, masalah produktifitas ruang dari design yang diterapkan dengan prinsip fungsional dan efisien arsitektur industrial. Prinsip fungsionalnya diaplikasikan pada site, dan tata letak. Dedangkan prinsip efesien diaplikasikan pada pengolahan tapak, peruangan, material, warna dan struktur bangunan. Padapenelitian ini memberikan kebebasan ruang kepada para siswa untuk mengaplikasikan ke inginannya didalam menunjang kegiatan belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdani, Larastika Nur, and Dedi Hantono. 2021. “PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA BANGUNAN HOTEL ( STUDI KASUS : THE SOMOS HOTEL , KOLOMBIA )” 12 (01): 23–31.
Rahmanza, Davyndra, Mustika K Wardhani, and Nurtati Soewarno. 2023. “Perancangan Konsep Arsitektur Industrial Pada Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif Di Kota Baru Parahyangan” 3 (1): 123–34.
Solo, Pendahuluan, Kementrian Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kota Solo, Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah, Kota Surakarta, et al. 2019. “Penerapan Prinsip Arsitektur Industrial Dalam Produktifitas Ruang Pada Solo,” 395–404.
Published
2023-06-30
How to Cite
SetyawanK., & SantosoJ. (2023, June 30). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA BANGUNAN SARANA PENDIDIKAN DI KOTA SURABAYA. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 13(1), 82-87. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v13i1.4418
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 287 times
PDF downloaded = 340 times

Most read articles by the same author(s)