Pengembangan UMKM melalui Digital Marketing di Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

(Kerjasama dan Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung)

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eni Candra Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Muhamad Asif Maulana Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Noor Hikmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Dicky Rizkiyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Farida Riza Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Niken Kusdayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Gilang Maulana Azka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Digital Marketing, Kayugiyang, Garung, Wonosobo

Abstract

Tujuan - Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberi pengetahuan kepada masyarakat terutama para pelaku UMKM dan generasi muda tentang digital marketing di Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, pelatihan pemasaran dengan menggunakan media internet.

Metode - Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap diantaranya survei lokasi kegiatan dan UMKM di desa Kayugiyang. Tahap perencanaan, tahap ini merupakan tahap penyusunan rencana dan mengidentifikasi perencanaan progam yang akan dilaksanakan kemudian dirumuskan berbagai kebutuhan dalam perencanaan sistem pemasaran secara online. Sosialisasi, kegiatan sosialiasi memberikan pengetahuan awal mengenai pemasaran secara online kepada masyarakat atau pelaku UMKM di desa Kayugiyang serta memberikan penyampaian rancangan program kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Pelaksanaan, tahap ini melakukan kegiatan pendaftaran akun google business bagi masyarakat yang memiliki usaha. Evaluasi, kegiatan ini dilakukan setelah menyelesaikan program kegiatan.

Hasil – Masyarakat sangat antusias ditandai dengan banyak peserta yang hadir dalam pelatihan digital marketing untuk peningkatan UMKM di desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-29
How to Cite
TrihudiyatmantoM., KaukabM., EfendiB., PurwantoH., NurhayatiE., AkbarM. A., HikmahN., RizkiyadiD., UtamiF., KusdayantiN., & AzkaM. G. (2024, October 29). Pengembangan UMKM melalui Digital Marketing di Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. JEPEmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Bidang Ekonomi), 3(2), 1-8. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jepemas/article/view/8135
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3