Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Optimalisasi Pengembangan Bisnis Bubuk Jahe Instan Ummisa Di Depok Bawang Banjarnegara
Bubuk Jahe Instan UMMISA;, Digital Marketing;, Pemberdayaan UMKM
Abstract
UMKM menjadi salah satu pilar terpenting dalam pertumbungan ekonomi di Indonesia karena berperan dalam memperbaiki perekonomian ditinjau dari jumlah usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, dan Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM Bubuk Jahe Instan UMMISA merupakan salah satu usaha kecil yang telah dikelola oleh KWT Umi Salam Sari di Desa Depok, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Pengelolaan produksi telah berjalan cukup baik sejak tahun 2015 hanya saja masih ada beberapa hambatan dalam proses pemasarannya karena kurang maksimal dalam promosi sehingga produk tidak banyak dikenal masyarakat dalam lingkup lingkungan luas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pelaksanaan kegiatan yang mencakup tahap awal, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan. Kegiatan dimulai dengan kegiatan survey dan wawancara langsung, sosialisasi, dan aksi berupa pembuatan akun platform digital serta pemberdayaan lahan jahe. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih seperti platform digital marketing yang dapat memudahkan strategi pemasaran secara online. Mahasiswa KPM UNSIQ berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi terkait pemanfaatan teknologi digital dan membuatkan platform digital marketing berupa akun shopee, Instagram, dan website, serta melakukan pemberdayaan lahan jahe untuk menunjang ketersediaan bahan baku produksi.