Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toko Thrift Classy Second Bagi Generasi Muda di Kota Palu
Digital Marketing, Generasi Muda, Toko Thrift, Kota Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital marketing terhadap keputusan pembelian produk toko thrift classy second bagi generasi muda di kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan survey dengan alat pengumpulan datanya berupa kuisioner dengan penyebaran yang dilakukan secara online, pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert yakni skala 1-5. Hasil berdasarkan uji normalitas diketahui nilai signifikansinya sebesar 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual dari dua variabel tersebut berdistribusi normal. Pada variabel X signifikansi 0,604 > 0,05. Sehingga tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Pada hasil uji t diketahui nilai signifikansi variabel independent sebesar 0,000 < 0,05 maka berkesimpulan variabel independent berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent, jika berdasarkan output yang dihasilkan diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga jika dilihat berdasar nilai signifikansi dapat disimpulkan bahwa variabel Digital Marketing (X) berpengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian (Y), jika berdasarkan nilai thitung yakni sebesar 5,816 > 1,987 ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Digital Marketing (X) berpengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian (Y). Hasil koefisien determinasi dijelaskan bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yakni sebesar 0,507. Dari output yang ditampilkan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,257 yang mengandung arti bahwa pengaruh dari variabel bebas (Digital Marketing) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian) adalah sebesar 25,7%. Persentase sisa mempunyai arti bahwa 74,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.
Downloads
References
Chayati, C., Upe, R., & Thaha, A. (2023). Analisis Optimasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Tour Dan Travel Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada PT Hijrah Madani Istiqomah Tour). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen & Bisnis, 4(1), 44-56.
Fadjar, A., Hartini, S., & Astuti, S. W. (2022). Instagram Usage Behavior: Does It Aim to Look More Attractive? Quality - Access to Success, 23(190), 226–232. https://doi.org/10.47750/qas/23.190.24
Ferdinand, A. T., & Wahyuningsih, W. (2018). Salespeople’s innovativeness: A driver of sales performance. Management and Marketing, 13(2), 966–984. https://doi.org/10.2478/mmcks-2018-0016
Kasim, Y., Muhammad Muslimin, & Dwijaya, I. K. B. (2022). Market reaction to the Covid-19 pandemic: Events study at stocks listed on LQ45 index. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.2024979
Muzakir, Bachri, S., Adam, R. P., & Wahyuningsih. (2021). The analysis of forming dimensions of e-service quality for online travel services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 239–244. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.010
Puri, L. M., & Ratnasari, E. (2023). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022. Journal of Student Research, 1(1), 394-403.
Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67-74.
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.005
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saputra, G. W., &Ardani, I. G.A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University).
Saputro, W. A. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa, 8(2)
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.
Suparman, S., Muzakir, M., Wahyuningsih, W., Tope, P., & Ponirin, P. (2023). Promoting tourism governance and supply chain management in the competitiveness of tourism sector. Uncertain Supply Chain Management, 11(3), 1247–1256.
Syamsuddin, Saharuddin, Yusrizal, Dharmawati, T., Pujisari, Y., & Fatmawati, E. (2024). Utilizing Blockchain Technology in Global Supply Chain Management: An Exploration of Scalable Information Systems. EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.4108/eetsis.4374
Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.
Wahyuningsih, Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). A comparative study of generations X, Y, Z in food purchasing behavior: the relationships among customer value, satisfaction, and Ewom. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105585
Wahyuningsih, W. (2021). Customer value, satisfaction and behavioral intentions: The effects of consumer search behavior. ASEAN Marketing Journal, 3(1), 1.
Wahyuningsih, W. (2012). The Effect of Customer Value on Behavioral Intentions in Tourism Industry. International Research Journal of Business Studies, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.21632/irjbs.5.1.1-12
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592