Pengambilan Keputusan Bebasis Informasi Non Keuangan Pada UKM
Pengambilan Keputusan, Informasi non Keuangan, UKM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini melihat pada pola pengambilan keputusan yang dilakukan oeh UKM yang cenderung menggunakan insting bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengambilan keputusan berbasis informasi non keuangan pada suatu usaha yang mempengaruhi keberhasilan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada perusahaan manufaktur CV. PKS di Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada pihak pimpinan perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa CV. PKS cenderung menggunakan insting bisnis dalam pengambilan keputusannya sehingga berdampak pada bisnis yang masih memiliki resiko ketidakpastian. Bahkan ketika informasi keuangan disajikan untuk menjadi dasar pemilihan alternatif pengambilan keputusan, pengelola perusahaan tetap menggunakan insting bisnisnya daripada informasi keuangan.
Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Informasi non Keuangan, UKM.
Downloads
References
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah Herson Anwar. Jurnal Pendidikan Islam, 8(April), 37–56.
Ariono, I., & Sugiyanto, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Atas Informasi Akuntansi Keuangan Serta Keberhasilan dalam Mengelola Perusahan Kecil dan Menengah (Studi Empiris Pada UMKM Industri Makanan di Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.215
Basri, Y. M. (2015). Pengukuran Kinerja Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Finansial : Study Literatur. PhD Proposal, 1(2), 114–126. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ediraras, D. T. (2010). Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi Bisnis, 15(100), 152–158.
Ferdiansyah, F., & Pribadi, A. (2013). Pengaruh Insting Terhadap Evaluasi Keputusan Investasi dan Proyek Teknologi Informasi, 2(1).
Halim, A., Bambang, S., & Kusufi, S. M. (2013). Akuntansi Manajemen (EdisiKedua). BPFE-Yogyakarta.
Hidayati, A., Darminto, & Sudjana, N. (2014). Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Kusus ( Studi Kasus pada Perusahaan Kecap cap “ Kuda ” Tulungagung Tahun 2013 ), 11(1), 1–8.
Jakobsen, M. (2017). Consequences of intensive use of non-financial performance measures in Danish family farm holdings. Qualitative Research in Accounting and Management, 14(2), 137–156. https://doi.org/10.1108/QRAM-04-2016-0035
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (Edisi 11). Jakarta: PT Indeks.
Lipursari, A. (2013). Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan. Stie Semarang, 5(1), 26–37. https://doi.org/2252-7826
Maretha, F., Gunawan, A. A., Maretha, F., Gunawan, A. A., Sriwijaya, P. N., & Informasi, P. (2018). Model Penerapan Informasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Palembang, 13(2), 93–100.
Mbabazize, M., Daniel, T., Claude, M., & Shukla, J. (2015). Reporting Of Non-Financial Information And Its Impact On The Decisions Taken In Private Institutions In Rwanda: Case Study Norhern Province, 2(3), 225–232.
Mudjimu, C. (2013). Peran Informasi Akuntansi Manajemen dalam Proses Pengambilan Keputusan pada Hotel Sedona Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 572–582.
Mulyadi. (1997). Akuntansi Manajemen (EdisiKedua). Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN.
Natapura, C. (2009). Analisis perilaku Investor Institusional dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(3), 180–187.
Nazarudin, I. (2015). Pengukuran Kinerja Non Financial Suatu Cara meningkatkan ‘ Value ’ Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 1(1), 32–40.
Nopalia, Putra, W. E., & Fitriani, D. (2012). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Manajemen dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja Manajerial. E-Jurnal Binar Akuntansi, 1(1), 42–50.
Panjaitan, D., & Harijanto, S. (2015). Peranan Informasi Akuntansi Manajemen Dalam Proses Pengambilan Keputusan Jangka Panjang Mengenai Investasi Aktiva Tetap Pada PT. Cakra Buana Megah, 3(2), 874–882.
Pinasti, M. (2007). Pengaruh Penyelenggaraan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi : Suatu Riset Eksperimen. Computational Geosciences. https://doi.org/10.1007/s10596-018-9780-2
Puspitaningtyas, Z. (2015). Pemanfaatan Infomasi Akuntansi Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah.
Setiadi, N. J. (2008). Business Economics and Managerial Decision Making (EdisiPerta). Jakarta: Kencana.
Sharralisa. (2011). Analisis Pengaruh Faktor Informasi Akuntansi Dan Non Akuntansi Terhadap Initial Return Pada Penawaran Perdana Saham Di Bursa Efek Indonesia.
Silalahi, U. (2005). Studi tentang Ilmu Administrasi. Sinar Baru Algesindo.
Simamora, H. (2012). Akuntansi Manajemen (Edisi 3). Riau: Star Gate Publisher.
Slat, andre henri. (2013). Analisis Harga Pokok Produk dengan Metode Full Costing dan Penentuan Harga Jual. Jurnal EMBA, 1(3), 110–117. https://doi.org/3310-1174
Supriyono. (2011). Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan (Edisi 2). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Undang - Undang Republik Indonesia No.20. (2008).
Widjaya, P. E., & Sugiarti, Y. (2013). Penerapan Risk Management Untuk Meningkatkan Non-financial Firm Di Perusahaan Murni Jaya, 2(1), 1–18.