Determinasi Kinerja Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Wilayah Cirebon
Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pelanggan, Perspektif Keuangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Cirebon ditinjau dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dan pembelajaran dalam upaya-upaya yang dapat dilakukan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Cirebon untuk meningkatkan kinerja universitas dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard menurut Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tingkat kinerja keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam kategori baik. Sehingga secara keseluruhan kinerja Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Cirebon dalam kategori Baik dengan total skor 16,55.
Downloads
References
Anthony. Robert N dan Robert H. Hermanson. 2001. Akuntonsi Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.
Indrajit Richardiis Eko. Djokopranoto Richardus, 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta: CV, Andi Offset (Penerbit Audi).
Indrianto. Nur dan Supomo.2002. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta; BPFE.
Irawan. Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Depok: DIA Fisip UI.
Kaplan, Robert S. & Norton. David P "The Balanced Scorecard". Boston. Harvard Business School Press. :
Kaplan, Robert S. & Norton, David P. 2001. The Strategy Focused Organizations:How Balanced Scorecard Companies Thrive in The New Business Environment. Boston: Harvard Business School Press.
Mulyadi, 2001. "Balanced Scorecard". Edisi Pertama. Jakarta; Salemba Empat. Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Mulyadi, 2005. Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Sekaran, Uma. 2007. Metodelogi Penelitian untuk Bisnis, Buku 2 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yuwono, Sony, Sukarno, Edy. Ichsan, Muhammad. 2003. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard: Menuju Organisasi yang berfokus pada Strategi. Jakarta;PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Chandra. 1997. Pengukuran Kinerja BUMN "Studi kasus pada PT (Persero) JIEP dengan Perekaman Balanced Scorecard''. Universitas Indonesia, Jakarta.