Keputusan Pembelian Konsumen Kedai Telaga Kopi Ditinjau Dari Store Atmosphere Dan Word Of Mouth
Store Atmosphere, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganaisis dan menjelaskan pengaruh store atmosphere dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Kedai Telaga Kopi. Metode yang di gunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumulan data yang di gunakan yaitu teknik observasi, kuesioner dan study perpustakaan, dengan objek penelitian yaitu pengunjung Kedai Telaga Kopi dengan jumlah 161 responden. Teknik anaisis yang di gunakan yaitu teknik analisis rentang skala dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere dan word of mouth terhadap keputusan pembelian berada pada kriteria baik. Terdapat korelasi yang sangat kuat dan positif antar store atmsphere dengan word of mouth yaitu sebesar 80,3%. Pengaruh parsial antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian secara signifikan sebesar 45,3% dan pengaruh parsial word of mouth terhadap keputusan pembelian sebesar 44,2%. Kemudian terdapat pengaruh simultan antara store atmosphere dan word of mouth terhadap keputsan pembelian sebesar 72,4% dan sisanya sebesar 27,6% dari faktor lain yang tidak masuk kedalam penelitian ini.
Downloads
References
Berman, B., & Evans, J. R. (2012). Retail Management: A Strategic Approach. New Jersey: Pearson.
BPS. (2018). STATISTIK KOPI INDONESIA Indonesian Coffee Statistics 2018.
Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 3(5), 40–47. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/29665
Irwanti, S. (2017). Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern. Al-Khitabah, III(1), 33–47.
Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556eting Management. In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Levy, M., & Weitz, B. a. (2012). Retailing Management Information Center. New York: Hill Higher Education.
Sernovitz, A., Godin, S., & Kawasaki, G. (2012). Word of mouth marketing : how smart companies get people talking. In Kaplan Publishing.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran dan Implementasi. PT. Prehallindo. Jakarta.
Sugiyono, P. D. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. (2017).
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sumardi, Silviana, & Melina. (2011). The Power Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, edisi keempat. In Edisi I. Yogyakarta: Andi.
https://uc.ac.id
https://www.bps.go.id