FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN IFRS PADA MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO)

  • Fikri Muamar Universitas Sains Al-Qur’an
  • Kurniawati Mutmainah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Budaya, Kecerdasan Adversity, IFRS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi UNSIQ terhadap IFRS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiwa aktif akuntansi yang terdaftar di Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Jumlah sampel sebanyak 96 responden, sedangakan teknik pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah akuntansi pengantar 1 dan 2, akuntansi keuangan menengah 1 dan 2, akuntansi keuangan lanjutan 1, akuntansi keuangan lanjutan 2, dan teori akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikani 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap pemahaman IFRS sedangkan budaya dan kecerdasan adversity tidak berpengaruh terhadap pemahaman IFRS mahasiswa prodi akuntansi UNSIQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arminiasih, K. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2019). Pengaruh pengendalian diri, budaya, kepercayaan diri (self-confidence) terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 angkatan tahun 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 104–112.
Bulutoding, L., Majid, J., & Suwandi, M. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Standar Pelaporan Keuangan Internasional ( IFRS ) mahasiswa akuntansi perguruan tinggi di Makassar. 5(2), 427–433.
Ermawati, Nanik & Kuncoro, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhitingkat Pemahamanifrs (International Financial Reporting Standar). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 9(Februari), 1–19. https://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/26
Halimah, I. N., & Trisnawati, R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Adversity Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 326–335.
Mukarromah, K. N. (2022). ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2017 Universitas Muhammadiyah Surakarta ).
Nugroho, P. I., & Kristanti, R. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap International Financial Reporting Standards. Among Makarti, 15(1), 122–135. https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.250
Nurul Indah Q. Muksin, Maslichah, U. N. (2023). Pengaruh Intelligence Quotient, Emotional Quotients, Spiritual Intelligence dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Akuntansi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12(02), 5–24. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra
Riyana, R., Mutmainah, K., & Maulidi, R. (2021). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Locus of Control Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 282–291. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i2.1743
Sari, D., Rahmiyanti, D., & Abdullah, A. R. (2021). Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kluster Perekonomian sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 4(2), 100–111. https://doi.org/10.35326/jiam.v4i2.1579
Soraya, S., & Suherma, L. (2023). Determinan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap International Financial Reporting Standard. Eksos, 19(1), 130–139. https://doi.org/10.31573/eksos.v19i1.567
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susanti, S. (2018). Tingkat Pemahaman Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Ifrs (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah Di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 49–60. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.449
Suwi Novita Devi, M., Sujana, I. K., & Pradnyantha Wirasedana, I. W. (2020). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 897. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i04.p08
Tohiriah, P. A., Hartiyah, S., & Putranto, A. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP IFRS (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo). Of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 14–22.
Umahmudah A, N., Dwita, S., & Yunita, N. H. (2019). Pengaruh Budaya Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Akuntan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(2), 627–645. https://doi.org/10.24036/jea.v1i2.99
Wandari, S., Sitohang, S., & , Niper Jaya Gulo, H. K. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Ifrs. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 14–23. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1453
Published
2024-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times