Asosiasi Antara Stres Kerja Dengan Turnover Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi

  • Sugeng Nugroho Hadi STEI Hamfara
  • Ismail Yusanto Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI Hamfara Yogyakarta Indonesia
  • Zainaty Salimah Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI Hamfara Yogyakarta Indonesia
Keywords:
Stres Kerja, Turnover, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi

Abstract

Tujuan         - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi antara stress kerja dengan turnover dalam hubungan langsung, yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi dalam hubungan tidak langsung. Asosiasi bersifat kausalitas pengaruh.

Metode        - Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiasi. Penelitian menggunakan sampel jenuh sejumlah 81 responden, sesuai jumlah karyawan. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis jalur.

Hasil             - Hasil penelitian menunjukkan, terjadi asosiasi signifikan antara stres kerja dengan turnover (0.003), dengan kepuasan kerja (0.000), dan dengan komitmen organisasi (0.014). Sementara asosiasi antara kepuasan kerja dengan turnover adalah signifikan (0.000); sedang antara komitmen organisasi dengan turnover juga bersifat signifikan (0.000). Lebih lanjut asosiasi antara stress kerja secara langsung dengan turnover lebih besar daripada melalui mediasi kepuasan kerja (0.172) dan komitmen organisasi (0.124).

Implikasi   -  Penelitian ini menggunakan data karyawan Creative Agency Yogyakarta, Solo dan Jakarta.

Orisinalitas     - Makalah ini menjabarkan kausalitas antara stress kerja dengan turnover dalam hubungan langsung dan tidak langsung yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada karyawan Creative Agency di Yogyakarta, Solo, dan Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 169 times
PDF downloaded = 137 times