Pengaruh Insentif Eksekutif, Karakter Eksekutif, Corporate Governance, dan ROA Terhadap Tax Avoidance

(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 sampai 2020)

  • Supriyati Supriyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Tax avoidance, insentif eksekutif, karakter eksekutif, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, komite audit, kualitas audit, ROE

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif eksekutif, karakter eksekutif, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, komite audit, kualitas audit dan ROE terhadaptax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di  Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 sampai 2020.

Metode - Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di  Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 sampai 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 sampel penelitian dan didapat melalui sampel metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode regresi logistik.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen dan ROE berpengaruh positif terhadap tax avoidance, insentif eksekutif, karakter eksekutif, kepemilikan institusional, komite audit, kualitas audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-20
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 222 times
PDF downloaded = 145 times