Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di SMA Al-Ghazaly Kota Bogor
Efektivitas Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Kenakalan Remaja, Pendekatan Komunikasi Islam, Pendidikan Sekolah Menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam menangani kenakalan remaja di SMA Al-Ghazaly, Kota Bogor, dan mengevaluasi dampak pendekatan komunikasi Islam dalam konteks ini. Latar belakang penelitian ini didorong oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana interaksi sehari-hari antara guru dan siswa dapat mempengaruhi pendekatan pencegahan dan pengelolaan kenakalan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola komunikasi yang efektif dan tantangan yang dihadapi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung. Metodologi yang digunakan adalah kajian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam yang melibatkan guru dan siswa sebagai peserta. Temuan utama menunjukkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal di Sekolah Menengah Al-Ghazaly bervariasi; Guru yang menunjukkan keterbukaan dan empati dapat menciptakan suasana yang lebih mendukung, sementara mereka yang kurang responsif dapat memperburuk perilaku negatif. Selain itu, kendala dalam pelaksanaan komunikasi antara lain ketidakadilan dalam penegakan disiplin dan kurangnya keterbukaan dari orang tua. Pendekatan komunikasi Islam berdampak positif pada aspek spiritual dan moral, namun belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam kurikulum pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan keterampilan komunikasi guru, keterlibatan orang tua yang lebih aktif, dan integrasi nilai-nilai Islam yang lebih dalam dalam kurikulum pendidikan untuk menangani kenakalan remaja secara efektif.
Downloads
References
Komar, F. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orangtua Dengan Anak. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, Cendikia, Vol.11, No. 1 September 2020: Pp 20-38.
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dannonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 6, No. 2, Edisi Juli-Desember 2016.
Lubis, M. S. (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan. Jurnal Network Media, Vol: 3 No. 1.
Maskur, M. A. (2021). Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Di Pondok Pesantren Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Vol 2 Nomor 1 Tahun 2021.
Muhamad Bisri Mustofa, S. W. (2021). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Pustakawan. At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Vol. 12 No. 1, Juni 2021, 26-29.
Maghfira Septi Arindita, M. A. (2022). Prinsip Dasar Ilmu Komunikasi Islam. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya(Religion), 14.
Marwah, N. (2021). Etika Komunikasi Islam. Program Pascasarjana Uin Alauddin Makassar, 2-5.
Nilutthohiroh. (2021). Penerapan Prinsip Komunikasi Islam Dalam . Repositori Iain Kudus, 9.
Musleh, A. W. (2022). Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Murid . Syiar | Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 57.
Marwah, N. (2021). Etika Komunikasi Islam. Program Pascasarjana Uin Alauddin Makassar, 2-5.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nilutthohiroh. (2021). Penerapan Prinsip Komunikasi Islam Dalam . Repositori Iain Kudus, 9.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal.
Kartono, D. K. (2020). Kenakalan Remaja. Depok: Pt Rajagrafindo Persada
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Pustaka Ramadhan, Bandung.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.