Efektivitas Konten Media Sosial Instagram @folkative Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

  • Herawaty Herawaty Universitas Gunadarma
  • Nuriyati Samatan Universitas Gunadarma
  • Emilianshah Banowo Universitas Gunadarma
Keywords:
Efektivitas, Kebutuhan Informasi, Konten, Instagram, Media Sosial

Abstract

Media sosial memiliki manfaat dalam memudahkan manusia sebagai pengguna terlibat dalam jejaring sosial. Dari banyaknya media sosial yang hadir, salah satunya yaitu Instagram. Salah satu akun media sosial populer yang ada di Instagram yang menyajikan informasi yaitu @folkative. Akun Instagram @folkative ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait konten informasi berita mengenai entertainment, pop culture, brand, hingga informasi yang sedang viral diperbincangkan di Indonesia maupun internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah efektivitas konten media sosial instagram @folkative dalam pemenuhan kebutuhan informasi followers. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, teori ini dapat diterima karena teori ini menempatkan hubungan antara kepuasan akan kebutuhan dan pemilihan media secara jelas oleh khalayak itu sendiri. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah purposive sampling dan ditentukan dengan rumus slovin dengan total sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel X (Efektivitas Konten) ke Y (Kebutuhan Informasi) sebesar 53,4%. Disarankan akun Instagram @folkative dapat mengunggah informasi yang belum pernah ada (dilihat) sebelumnya agar menjadi media pertama yang membagikan informasi ter-update.

Kata kunci :

Efektivitas, Kebutuhan Informasi, Konten, Instagram, Media Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, Z., Furnamasari, Y., dan Dewi, D. (2021). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. 9234.
Darma, F. A., & Utomo, D. M. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo, Jawa TImur: UMSIDA Press.
Darwin, M. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Fauziyyah, S., dan Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. 14.
Febiola, F., dan Zuhri, S. (2021). Efektivitas Akun Instagram @suarasurabayamedia dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi bagi Followers dari Kota Surabaya. 27-28.
Griselda, S. (2018). Efektivitas Akun Instagram @komplek.hindunanisah dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pesantren Tahfidz. 136-142.
Ginting, C., dan Nasionalita, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Online terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Survei pada Followers Akun Instagram @medantalk). 7135-7136.
Ginting, R. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: INSANIA.
Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. Medan: Art Design, Publishing & Printing.
Humaniora., "Folkative Sajikan Info Seputar Karya Anak Muda". https://mediaindonesia.com/humaniora/516929/folkative-sajikan-info-seputar-karya-anak-muda. 15 Oktober 2022.
Ismanto, H., & Pebruary, S. (2021). Aplikasi SPSS dan Eviews dalam Analisis Data Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, J., dan Utami, L. (2022). Efektivitas Konten Media Sosial Instagram @Faktaseventeen Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar. 18.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nainggolan, Y. (2018). Penggunaan Media Sosial untuk Menunjang Peran Duta Wisata 2016-2017 dalam Mempromosikan Pariwisata di Kalimantan Timur. 139-140.
Riyanto, A., "Hootsuite (we are social) Indonesian Digital Report". https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/.
Saraswati, H., Putri, I., dan Shabrina, A. (2022). Efektivitas Akun Instagram @infoserang dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. 10001.
Tampubolon, M., Putri, Y., dan Atnan, N. (2016). Strategi Promosi Coffee Shop melalui Media Sosial. 2424.
Tosepu, Y. A. (2017). Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual).
Published
2024-12-28

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times