Prinsip dan Etika Komunikasi Dakwah
Abstract
Etika menjadi dasar pijakan berkomunikasi antara individu dan kelompok. Etika memberikan landasan moral dalam membangun tata susila terhadap semua sikap dan perilaku individu atau kelompok dalam komunikasi. Prinsip dan dasar pijakan etika komunikasi dakwah adalah etika komunikasi dibangun berdasarkan petunjuk Al-Qur’an, Islam mengajarkan berkomunikasi itu dengan penuh adab, penuh penghormatan, penghargaan terhadap orang yang diajak bicara, dan sebagainya. Ketika berbicara dengan orang lain, Islam memberikan landasan yang jelas tentang tata cara berbicara yaitu: qaulan sadidan artinya perkataan yang benar terdapat pada Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 9 dan Al-Ahzab ayat 70, qaulan balighan artinya perkataan yang mengena terdapat pada surat An-Nisa ayat 63, qaulan maysuran artinya perkataan yang mudah terdapat pada Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 28, qaulan layyinan artinya perkataan yang lembut terdapat pada Al-Qur’an surat Luqman ayat 44, qaulan kariman artinya perkataan yang mulia terdapat pada Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23 dan qaulan ma’rufan artinya perkataan yang pantas terdapat pada Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 5.
Downloads
References
Armawan, I. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan Masyarakat. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 1(1), 64–74. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i1.20
Hadi, H. S. (2019). Manajemen Strategi Dakwah Di Era Kontemporer. Jurnal Al-Hikmah, 17(1), 79–90. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v17i1.8
Harisah. (2019). Revitalisasi Dakwah Pemuda Era 4.0. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 20(1), 1–26. https://doi.org/10.14421/jd.1425
Iftitah Jafar, & Mudzhira Nur Amrullah. (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwahdalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 08(01), 42–66. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.1.41-66
Kriyantono, R. (2019). Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya serta Perspektif Islam. Prenada Media Group.
Kusnawan, A., Athallah, A., & Fadlilah Salma, F. Z. (2022). Reactualization of Dakwah in The Era of The Industrial Revolution 4.0 Through Training in Graphic Design of Dakwah Content. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 16(1), 55–76. https://doi.org/10.15575/idajhs.v16i1.17252
Maulana, I. I., Saefullah, C., & Sukayat, T. (2020). Dakwah di Media Sosial pada Channel Youtube Akhyar TV. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(3), 258–274. https://doi.org/10.15575/tabligh.v3i3.675
Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah, 11(2). https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906
Nawawi. (2012). Dakwah dalam Masyarakat Multikultural. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24090/kom.v6i1.2012.pp%p
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial. Muasarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45–52.
Samsudin, S. (2021). Dakwah di Tengah Pluralitas Masyarakat. Communicative : Jurnal Komunikasi Dan Dakwah, 2(1), 38. https://doi.org/10.47453/communicative.v2i1.408
Saroh, F. E. (2019). Cyber counseling bagi remaja di Youth Center Griya Muda Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) kota Semarang : analisis metode bimbingan dan konseling Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sucipto, A. D. (2020). Strategi Dakwah dalam Penguatan Ekonomi Umat oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Banyumas. Jurnal Dakwah, 21(2), 257–280.
Surbakti, J. B., Putra, D. I. A., & Defkasari, I. (2021). Etika Komunikasi Digital : Cara Pandang Filsafat Islam. Jurnal Kontekstual, 2(1), 1–39.
Suriani, J. (2018). Komunikasi Dakwah di Era Cyber. An-Nida, 42(1). https://doi.org/10.24014/an-nida.v42i1.9337
Syam, N. (2020). Paradigma dan Teori Ilmu Dakwah: Perspektif Sosiologis. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 20(1), 1. https://doi.org/10.29300/syr.v20i1.2604
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.