Digitalisasi Penyiaran Radio di Mitra FM Purwokerto

  • Anggit Pamungkas Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto
  • Umi Halwati Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto

الملخص

Digitalisasi siaran adalah istilah teknis untuk melakukan transisi dari format media analog ke digital. Digitalisasi penyiaran sangat penting karena tuntutan kehidupan modern akan kesempurnaan, keringkasan, dan kecepatan telah membuat analog menjadi usang. Maraknya televisi digital diprediksi akan memberikan khalayak yang lebih besar bagi lembaga penyiaran. Prinsip produksi dan kepemilikan independen lebih ditekankan dalam radio digital ini. Karena ledakan pertumbuhan internet, persaingan di antara stasiun radio sangat ketat. Manajer di industri radio siaran harus lebih banyak akal dan orisinal jika mereka ingin meningkatkan ukuran audiens mereka. Karena jika tidak bisa bersaing, radio akan mati karena kalah bersaing dengan jangkauan outlet berita online. Radio membutuhkan fleksibilitas untuk berkembang bersama media lain, khususnya internet. Tanpa kompetisi, industri radio akan stagnan. Manajemen stasiun radio perlu terus ditingkatkan agar radio siaran tetap bertahan menghadapi persaingan dari media sosial lainnya. Metode dalam Penelitian ini yaitu Kualitatif. Metode Pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Mitra FM Purwokerto melakukan hal yang sama untuk menjaga dan meningkatkan jumlah audiens mereka. Mitra FM Purwokerto berkomitmen penuh untuk menggunakan semua platform media sosial yang tersedia secara maksimal. Stasiun radio Purwokerto Mitra FM memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan YouTube secara ekstensif. Live streaming di platform media sosial seperti Instagram dan Facebook memudahkan komunikasi dari Mitra FM Purwokerto kepada pendengarnya.

التنزيلات

بيانات التنزيل غير متوفرة بعد.

المراجع

Achmad., Z. A. (2019). Integrasi Program Dakwah dan Budaya: Studi Etnografi Virtual Mediamorfosis Radio Nada FM Sumenep Madura. Jurnal Komunikasi Islam, 9(2), 238–263. https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.2.238-263
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.
Ardiningtyas, Y., & Hartono, Y. (2015). Perkembangan Radio Sebagai Pers Elektronik di Madiun Tahun 1998-2013. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(2). https://doi.org/10.25273/ajsp.v5i02.890
Arianingrum, F., & Metandi, F. (2018). Aplikasi Absensi Penyiaran Radio dengan Menggunakan Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) Berbasis Web Studi Kasus Radio POLNES FM. Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi, 10(2). https://doi.org/10.46964/justti.v10i2.102
Aziz, M. A. (2017). Media Massa Islam dalam Tantangan Global (Analisis Dakwah dan Cyber Media di Indonesia). Islamic Communication Journal, 2(2). https://doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2169
Damanik, H. J., Parlina, I., Tambunan, H. S., & Irawan, E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan dalam Seleksi Penyiar Radio Boss FM 102.8 Pematang Siantar Menggunakan Metode Electre. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 1(1). https://doi.org/10.30865/komik.v1i1.470
Fauzi, S., & Latief, A. A. (2016). Model Radio Dakwah dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 89–110. https://doi.org/10.15575/tabligh.v1i2.27
Hamna, D. M. (2018). Konvergensi Media Terhadap Kinerja Jurnalis (Studi Kasus: Fajar Tv Dan Fajar Fm). Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 58–83. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5911
Kustiawan, W. (2019). Perkembangan Teori Komunikasi Kontemporer. Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 6(1), 15. https://doi.org/10.37064/jki.v6i1.5517
Maharani, D. (2021). Strategi RRI (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1). https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i2.2094
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial. Muasarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45–52. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/muasharah/article/view/3666
Rosidin, A. B., & Hamid, A. (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Dki Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 164–174. https://doi.org/10.32509/.v19i2.1046
Shiddiq Sugiono. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 22(2), 175–191. https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Sikarti, & Irwanto. (2023). Implementasi Sistem Penyiaran Pada Pemancar Nautel NV5LT Type FM Radio Republik Indonesia Di Jakarta. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 3(1). https://doi.org/10.556442/taveij.v3i1.275
Starcevic, M. D. (2018). Digital Visions: Developing 21st century skills and competencies with the Digital Media Academy [Lakehead University]. https://knowledgecommons.lakeheadu.ca/handle/2453/4163
Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1). https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.128
Syam, H. M. (2015). Sistem Penyiaran di Aceh dari Era Kolonial Belanda hingga Orde Baru: Satu Perspektif Sejarah. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(2). https://doi.org/10.22373/albayan.v21i32.426
Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475
Virdaus, D. R. (2019). Gaya Komukasi dalam Berita Televisi (Produksi Pesan pada Program Berita “Pojok Kampung” JTV dan Penerimaan Pesan di Kalangan Masyarakat Jawa Timur). Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2). https://doi.org/10.30762/mediakita.v3i2.1810
Wuryantai, A. E. W. (2013). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(2), 131–142. https://doi.org/10.24002/jik.v1i2.163
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research and Development (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.
منشور
2023-12-29