MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MAINAN MOBIL-MOBILAN DARI BAHAN ALAM DI TK PERTIWI SISWARINI KASMARAN

  • Septiyana Septiyana Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Sri Haryanto

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mempelajari bagaimana Pertiwi TK Siswarini Kasmaran mengimplementasikan pembelajaran melalui kegiatan membuat mobil mainan dari bahan alam selama tahun ajaran 2022/23. 2) Untuk mengetahui apakah TK Pertiwi Siswarini Kasmaran Tahun Pelajaran 2022/2023 kreativitas pendidik dan siswa dapat ditingkatkan dengan membuat mobil-mobilan dari bahan alam. 3) Di TK Pertiwi Siswarini Kasmaran tahun pelajaran 2022/23, untuk mengetahui apakah pembuatan mobil mainan dari bahan alam dapat meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian Tindakan Kelas atau PTK adalah metode yang digunakan dalam artikel ini. Teknik Pengumpulan Data Melalui Observasi dan Dokumentasi Setelah itu, subjek penelitian atau siswa PAUD Pertiwi TK Siswarini Kasmaran dijadikan sebagai sumber data. Metode pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data adalah salah satu yang digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahan alami dapat digunakan untuk membuat mobil mainan, yang dapat membantu anak menjadi lebih kreatif. 2) Lokasi TK Pertiwi Siswarini Kasmaran yang dikelilingi alam memudahkan dalam mendapatkan materi, dan dukungan orang tua siswa TK Pertiwi Siswarini Kasmaran terhadap keberhasilan anaknya merupakan faktor yang mendukung peningkatan kreativitas anak usia dini. siswa usia melalui penciptaan mobil mainan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-27
How to Cite
SeptiyanaS., & HaryantoS. (2023, July 27). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MAINAN MOBIL-MOBILAN DARI BAHAN ALAM DI TK PERTIWI SISWARINI KASMARAN. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 2(2), 41-47. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/fitrah.v2i2.6635

STATISTICS

Abstract viewed = 108 times
PDF downloaded = 34 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>