HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ANAK DENGAN KEMANDIRIAN PERILAKU ANAK KELAS B DI RA WILDANUL JANNAH KALIKAJAR WONOSOBO
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain adalah 1) untuk mengetahui interaksi anak di RA Wildanul
Jannah Kalikajar wonosobo tahun 2019/2020, 2) untuk mengetahui kemandirian anak usia dini
kelompok B RA Wildanul Jannah Kalikajar tahun 2019/2020, dan 3) untuk mengetahui hubungan
antara interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas B di RA Wildanul Jannah Kalikajar
tahun 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi anak kelas B RA Wildanul jannah
kalikajar memperoleh skor tertinggi yaitu 20 atau 50% hal ini masuk dalam kategori baik.
Kemandirian perilaku anak berdasarkan perhitungan tabel prosesntase memperoleh skor tertinggi
terdapat pada kategori sangat baik sejumlah 28 siswa sebesar 70%. korelasi hubungan antara
interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas memperoleh hasil 0,558% setelah
dikonsultasikan yang terdapat pada r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Artinya bahwa hasil
penelitian menunjukkan lebih besar dari r tabel, terdapat pengaruh yang signifikan antara
interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas B RA Wildanul jannah bakalan kalikajar
tahun 2019/2020