KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA BAGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SD NEGERI DELES 01 BAWANG
Word Square, Media Bagan, Hasil Belajar Pkn Siswa
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran, terutama pada
pelajaran PKn materi mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945
hasil amanedemen kelas VI, serta model pembelajaran yang monoton. Permasalan
yang diungkap dalam penelitian ini adalah keefektifan model pembelajaran word square
berbantu media bagan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri Bawang 02
Batang. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran word
square berbantu media bagan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri
Bawang 02 Batang. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Negeri Bawang 02 Batang. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik sampling dalam penulisan ini
adalah Non Probability Sampling atau sampling jenuh. Semua populasi kelas VI diambil
semua tanpa terkecuali. Kelas VI A dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol
dan kelas VI B dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian
menggunakan True Experimental Design. Metode pengumpulan data menggukan tes,
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes
evaluasi yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.Hasil
nilai rata-rata pretes ke posttes kelas kontrol adalah 54,8 menjadi 70,7. Sedangkan
hasil nilai rata-rata kelas eksperimen dari pretes ke posttest adalah 66,1 menjadi 85,5.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dua arah diperoleh thitung=
5,504 dan ttabel = 2,086 dengan dk= n1+n2-2 = 20+ 20 – 2 = 38. Berdasarkan kriteria
pengujian bahwa diterima jika nilai , ternyata 5,504 >2,086. Maka ditolak sedangkan
Ha diterima. Berdasar hasil di atas artinya nilai rata-rata menggunakan pembelajaran
konvensional tidak sama dengan atau lebih kecil rata-rata penggunaan model word
square berbantu media bagan terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan penggunan
model word square berbantu media bagan lebih efektif daripada model pembelajaran
konvensional. Dengan demikian guru disarankan saat mengajar menggunakan model
word square berbantu media bagan.