MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN PURWOREJO 02 PATI
Quantum Teaching, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Abstract
Interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran agama merupakan hal yang penting.
Namun hal ini sering terabaikan karena alasan banyaknya tugas administrasi guru.
Dapat dijelaskan terdapat berbagai masalah mengenai interkasi guru dan siswa
di kelas. Masalah tersebut misalnya pada proses pembelajaran siswa cenderung
tidak mau bertanya kepada guru meskipun mereka sebenarnya belum mengerti
tentang materi yang disampaikan guru. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang
bercerita, bermain sendiri dan membaca majalah yang tidak ada kaitannya dengan
materi pembelajaran. Selain itu siswa menceritakan bahwa cara mengajar guru hanya
ceramah. Untuk memperbaiki mutu dan kualitas pembelajaran yang membosankan,
maka pada pelaksanaannya dapat menerapkan berbagai model pembelajaran. Salah
satunya adalah melalui model Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan dengan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
psikologi. Penelitian ini dilakukan di SDN Purworejo 02, Kec/Kab. Pati pada bulan
Maret 2018. Subyek penelitian ini adalah guru PAI. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis datanya menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, display
data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quantum Teaching adalah salah satu model
dalam pembelajaran yang memiliki kerangka rancangan TANDUR yaitu singkatan dari
Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Kerangka TANDUR
ini merupakan salah satu cara dalam menyampaikan materi dengan mengaitkan model
quantum teaching. Model quantum teaching dapat meningkatkan prestasi siswa di
SDN Purworejo 02. Dibuktikan dengan rata-rata kelas dari 88 menjadi 91. Hal ini terjadi
karena adanya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dan penumbuhan minat dari
guru diawal pelajaran.