PENERAPAN MEDIA WHATSAPP GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA
Media Pembelajaran, WhatsappGroup, Kemampuan Berbicara
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Whatsapp Group untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara Bahasa Arab kelas VIII siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mahāroh kalām siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo Wonosobo antara sebelum menggunakan media Whatsapp Group dan sesudah menggunakan media Whatsapp Group. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu dengan t hitung sebesar 8,176. Selanjutnya t hitung dibandingkan dengan t tabel dengan taraf kesalahan t tabel 5% = 2,14479 dan 1% = 2,97684.
Downloads
References
Arsyad, Azhar, 2003,Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ekayani,Ni LuhPutu, “Pentingnya Media Pembelajaran untukMeningkatanPrestasiBelajarSiswa.”FakultasIlmuPendidikanUniversitasGaneshaSingarajaJurusanPGSD (2015).
Hermawan, Acep, 2009,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja RosdakaryaOffset.
https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all(diakses padatanggal 14 Agustus 2021 Pukul 17.35)
Jinni, Utsman Ibn &Abd. Fatah, n.d., Al-Khas{a>is{, Bairut: ‘Alam al-Kutub
Mahmud, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : CV PUSTAKA SETIA.
Sanaky, Hujair AH, 2015,Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: KAUKABADIPANTARA.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Widya, Genitri, 2019,Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan Hindu; Whatsapp Group sebagai Media Pembelajaran, Palangkaraya: IAHN-TP.