STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS TEMA TANAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MADINA
Strategi pembelajaran, Literasi Sains, Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Anak adalah penerus bangsa, sehinga perlu dipersiapkan dengan baik pendidikannhya. PAUD sebagai pondasi awal pendidikan dan wadah bagi anak untuk bermain, belajar, berkreasi dan tumbuh kembang secara alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pembelajaran literasi sains, hambatan dan faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran literasi sains, dampak dari penerapan strategi literasi sains pada tema tanaman pada anak usia 5-6 tahun terhadap perkembangan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif lapangan. Berdasarhan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran literasi sains tema tanaman dari lapangan menggunakan pendekatan saintifik sesuai kurikulum 13. Dari penelitian ditemukan penghambat adalah waktu yang terbatas dalam pembelajaran. Sedangkan factor pendukung adalah fasilitas yang memadai, persiapan, lingkungan dan tehnologi. Dampak dari penerapan strategi anak merasa senang dan mudah memahami.
Downloads
References
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan,. 2017. Gerakan Literasi Sains Materi Tambahan Literasi Sains, Jakarta
Maria Sekar Rosari. 2020 “Penerapan Literasi Sains Melalui Kegiatan Eksplorasi Bertematik Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok Tk B Di Tk Kanisius Jatingaleh Semarang”. (Skripsi sarjana, Ilmu Pendidikan UNNES, Semarang,)
Mursid. 2017 Pengembangan Pembelajaran PAUD, (Bandung: PT. remaja Rosdakarya)
Neni Hermita. 2021. Inovasi Pembelajaran Abad 21, (Surabaya: Global Aksara Pres)
Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini. 2018. Literasi di Sekolah Dari Teori Ke Praktek, (Bandung: Nilacakra,)
Rahmah johar. 2016. Latifah Hanum, “Strategi belajar Mengajar”, (Seleman: Deepuplish)
Sugiono. 2010. Metode penelitian Penndidikan. (Bandung: CV ALFABETA)