KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN SURAH AL-HAJJ AYAT/22:7)
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui tafsir surah Al-Hajj ayat 22:7 menurut imam Ghazali 2. Untuk mengetahui konsep Pendidikan Keimanan dalam Surah Al-Hajj Ayat/22:7 3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannnya adalah study Pustaka atau library research. Sumber data primer diperoleh dari data yang berkaitan dengan konsep pendidikan keimanan dan surah al hajj ayat 7, buku-buku tafsir, jurnal, sitasi dan tesis, penelitian terdahulu, manuskrip. Adapun data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan hari kiamat dan keterkaitannya dengan pndidikan keimanan. Teknik analisis data berupa analisis isi dan metode tahlily hasil dari analisa data berupa pembahasan yang di deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tafsir surah al hajj ayat 7 menurut imam Ghazali ayat ini adalah sebagai bukti bahwa Allah Maha Kuasa atas dunia dan seisinya. Adapun konsep yang terkandung dalam surah al hajj ayat 7 adalah Pendidikan keimanan yang berkaitan dengan kepercayaan terhadap adanya hari kiamat.
Downloads
References
Al- Maraghi, Ahmad, Mushthafa Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Jilid III, Semarang: PT Karya Thoha Putra, 1993
Al Qur’an dan Terjemahannya, 2003. Jakarta: PT. Listakwata putra.
Al-Farmawi, Abd. Al-Hayy. 1996. Al-Bidayah fi Al-Tafsir Al-Mawdhu’y: Dirasah Manhajiah Mawdhu’iyyah. (terj). Suryan A. Jamrah. Cetakan II. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Al-Mahally, Imam Jalaluddin dan Imam Jalaluddin As-suyutti, Tafsir Jalalain Berikut Asbab An-nujulnya, Jilid I Bandung,: Sinar Baru, 1990
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. 1993. Terjemah Tafsir Al-Maraghi: Jilid 28. Cetakan II. Semarang: CV. Toha Putra.
Al-Misri, Abdullah, Lamhah Fi Wasail At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Gayatuha, Beirut: Daar al- mani, 2009.Spiritual. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.
Anis, Muhammad. 2010. Tafsir Ayat Pendidikan: Wahyu Pertama sebagai Lonceng Kemajuan Peradaban Umat Manusia. Dalam Antologi Kependidikan Islam: Kajian Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Ash-Shiddiieqy, M. H. (2016). Tafsir al-Qur’anul Majid An-Nur (1st ed.). Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Asy-Syanawi, Abdul Aziz Keutamaan Shalawat dan Fadholah Amal, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005
Az-Zuhaili, Wahbah Al-Qur’an dan Paradigma Peradaban, Terj. M.Thohir dan Team Titian Ilahi, Yogyakarta: Dinamika,1996
Baidan, Nashiruddin, Metodologi Penafsiran al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998
Bugin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana. CD Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam Hadits. Lidwa Pusaka i-Software. Departemen Agama RI. tt. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Solo: PT Tiga Serangkai.
Chairun, Marzuki, 1997.Kiamat: Surga dan Neraka, Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Daradjat,Zakiah dkk., Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Daud, Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid X, Yogyakarta: PT.Dana Bhakti wakaf UII, 1995
Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jilid V. Jakarta:
Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Semarang: CV. AL WAAH, 2006
Departemen Agama RI. Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jilid II. Jakarta: Departemen Agama RI.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai
Dinasril Amir. 2012. Konsep Manusia dalam Sistem Pendidikan Islam.
Hamka. 1982. Tafsir Al-Azhar, Juzu’ I. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hermawan, A. (2011). Ulumul Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibnu Katsir, Al- Imam Abu Fida Isma’il Terjemahan Tafsir Ibn Katsir Juz 2Jakarta: Sinar Baru AL- Gensindo, 2004
Ibnu Qayyim Al-jauziyah, Roh, penerjemah: Kathur Suhardi, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1999)
Ismail, Kurdi, 2008. Kiamat Menurut Ilmu Pengetahuan dan Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka
Kementerian Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya: Jilid X. Jakarta: Departemen Agama RI.
Kementrian Agama RI, Al-qur’an Dan Tafsirnya, Jilid I, Jakarta: Lentera Abadi,2010
Mahmud, S. Bashiruddin. 1992. Mekanika Hari Kiamat dan Hidup Sesudah Mati. Bandung: Pustaka
Masduki, Mahfudz. 2012. Tafsir Al-Mishbah M. Quraish Shihab: Kajian atas Amtsal Al-Qur’an. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Naufal, Abdurrazaq, 2007 Hari Kiamat, Jakarta: Rineka Cipta,
Rif‟at Syauqi Nawawi. 2011. Kepribadian Qur‟ani. Jakarta: Amzah Penerbitan Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta
Shiddiqi, N. (1997). Fiqih Indonesia: Penggagas dan Gagasannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjarkawi, 2011 Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta, Bumi Aksara. Studi Pendidikan Agama Islam. Vol. XII No. 1
Sueb, Musa, 2011. Urgensi Keimanan dalam Abad Globalisasi, Jakarta: Pedoman Ilmu
Sulaimen, Ahmad Mahmud, 2001 Tuhan dan Sains, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta,.
Sumanto, Sumardi, 1992 Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran, Jakarta, PT. Midas
Supian, A. (2014). Kontribusi Pemikiran Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Kajian Ilmu Hadis. Mutawâtir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, 4(2).
Suprapto, B. (2009). Ensiklopedi Ulama Nusantara; Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan Ulama Nusantara. Jakarta: Gelegar Media Indonesia.
Syafi’i, Imam, 2000 Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an, terj. Djaka Soetopo, Yogyakarta: UII Press,
Syah, Muhibbin, 2014. Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Besar Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Universitas Indonesia
Yusuf, M. (2004). Studi Kitab Tafsir; Menyuarakan Teks yang Bisu. Yogyakarta: Teras.