POLA ASUH ANAK DALAM PANDANGAN IBNU QOYYIM AL- JAUZIYYAH

  • Putri Meisyarani Universitas Sains Al-Qur'an
  • Khamidah Ramadhani Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nurul Mubin Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: Pola Asuh Anak, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah

Abstract

Pola asuh anak dalam Islam memegang peranan sangat penting dalam membentuk karakter, akhlak,dan kepribadian sejak usia dini. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah seorang ulama besar abad ke-8 H,memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan anak melalui karyanya, terutama dalam kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh anak dalam pandangan Ibnu QOyyim Al-Jauziyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka guna menggali konsep pola asuh anak menurut Ibnu Qoyyim. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan anak menurut Ibnu Qayyim dimulai bahkan sejak sebelum kelahiran melalui pemilihan pasangan yang baik, dilanjutkan dengan pendekatan spiritual seperti pembiasaan ibadah, doa, serta keteladanan yang konsisten. Ia juga menekankan pentingnya keseimbangan antara kasih sayang dan ketegasan, memahami potensi unik setiap anak, serta menjadikan doa dan keihklasan sebagai elemen utama dalam pengasuhan. Konsep ini relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan moden karena menyentuk aspek fisik, emosional, moral, dan spiritual anak secara menyeluruh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jauziyyah, I. Q. (2003). Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Beirut: Dar Ibn Hazm.
Asy-Syaikh, Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin. (2011). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Fahrizal. (2014). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.
Fitriana, Y. (2018). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Psikologi Islam, Vol. 6, No. 2, 2018.
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Mujib, A dan Mudzakir, J. (2001). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahman, F. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rofiq, A. (2015). Islamic Parenting: Panduan Mendidik Anak dalam Islam. Jakarta: Mizan Publika.
Vinayastri, N. (2015). Pengaruh Pola Asuh terhadap Perkembangan Otak Anak. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1.
Yunus, M. (1996). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hidakarya Agung.
Published
2025-07-24
How to Cite
Meisyarani, P., Ramadhani, K., & Mubin, N. (2025, July 24). POLA ASUH ANAK DALAM PANDANGAN IBNU QOYYIM AL- JAUZIYYAH. AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 26(1), 43-51. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/10184