PENDAMPINGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA UMKM KACANG SANGRAI UD. AKBAR

  • Hopid hopid Wiraraja University
  • Sindi Arista Rahman Wiraraja University
  • purwati ratna wahyuni Universitas Wiraraja Madura
  • Zarnuji Zarnuji Universitas Wiraraja Madura
Keywords: Digital Marketing, UMKM, Kacang Sangrai

Abstract

Perkembangan bisnis di era digital menjadi fokus utama dalam pengembangan UMKM, hal ini untuk memperluas pangsa pasar dan memperkuat lini bisnis yang ada. Penerapan digital marketing merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan omset penjualan dan mempertahankan eksistensi bisnis. Digital marketing adalah bentuk strategi pemasaran yang melibatkan pemasaran produk sedemikian rupa sehingga sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat waktu. Pendampingan penerapan Digital Marketing dilakukan di UMKM Kacang Sangrai UD Akbar di Desa Poreh Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Metode yang dilaksanakan yaitu secara kualitatif dengan 4 tahapan, 1) persiapan: kordinasi dan pembuatan materi, 2) pelaksanaan: ceramah, diskusi, praktek 3) evaluasi: pemahaman produsen tentang penerapan digital marketing, 4) pelaporan: naskah artikel dan publikasi,  Hasil PKM Penerapan strategi digital marketing pada UMKM Kacang Sangrai UD Akbar dengan memanfaatkan berbagai platform seperti shopee dan whatsapp untuk meningkatkan omset penjualan secara signifikan, memperluas jangkauan pemasaran, dan memperkuat brand awareness produk kacang sangrai yang telah memiliki reputasi baik sejak tahun 2003.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
Section
Articles