Pembuatan Produk Multimedia Untuk Menunjang Kegiatan Pemasaran Mitra UMKM ADMI di Kota Bekasi

  • Condro Wibawa Univesitas Gunadarma
  • Dessy Tri Anggraeni, Mrs Univesitas Gunadarma
Keywords:
UMKM, Produk Multimedia, Pemasaran, Abdimas, Manuskrip

Abstract

Abstract

UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) are independent productive business units, carried out by individuals or business entities in all economic sectors. An obstacle that UMKM often face is the lack of use of multimedia products in their business operations, especially in the product introduction/marketing section. The community service team made visits and identified problems experienced by UMKM partners. The aim of this activity is to create multimedia products that partners can use to support operational activities, especially in terms of marketing/product introduction. The service was carried out for one month from 1-27 July 2024. This activity involved a team of lecturers and students from Gunadarma University. The method used is a case study. Where the team identifies directly at partner locations, holds discussions, and plans the products to be made. Next, the service team carries out a design process which is confirmed to partners. The approved design is then produced and submitted to partners. The multimedia products made include packaging stickers, banners, digital pamphlets and posters. Multimedia products are well received by partners and can be directly used to support partner business activities.

Keywords: UMKM; multimedia product; marketing; community service; article

 

Abstrak

UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri, dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Kendala yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah kurangnya pemanfaatan produk multimedia dalam operasional usahanya, khususnya di bagian pengenalan produk/pemasaran. Tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kunjungan dan mengindetifikasi permasalahan yang dialami oleh mitra UMKM. Tujuan dari kegiatan ini adalah membuatkan produk multimedia yang dapat digunakan mitra untuk mendukung kegiatan pemasaran/pengenalan produk usahanya. Kegiatan pengabdian dilakukan dari tanggal 1-27 Juli 2024. Kegiatan ini melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dimana tim melakukan identifikasi secara langsung ke lokasi mitra, melakukan diskusi, dan merencanakan produk yang akan dibuat. Selanjutnya tim pengabdian melakukan proses desain yang telah dikonfrimasikan ke mitra. Desain yang telah disetujui kemudian diproduksi dan diserahkan ke mitra. Produk multimedia yang dibuat antara lain berupa stiker kemasan, banner, pamflet digital, dan poster. Produk multimedia diterima oleh mitra dengan baik dan dapat langsung digunakan untuk menunjang kegiatan usaha mitra.

Kata Kunci: UMKM; produk multimedia; pemasaran; abdimas; manuskrip

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times