Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pengenalan Proses Perancangan Produk Industri
kreativitas, inovasi, ide, pengembangan, produk
Abstract
Inovasi dan pengembangan produk merupakan salah satu yang diandalkan oleh perusahaan untuk dapat maju dan bersaing di dunia industri. Inovasi adalah sebuah proses untuk mewujudkan, mengkombinasikan, atau mematangkan suatu pengetahuan/gagasan ide, yang kemudian disesuaikan untuk mendapat nilai baru suatu produk atau jasa. Inovasi tidak terlepas dari kreativitas, karena kreativitas merrupakan awal dari inovasi. Salah satu yang menjadi permasalahan di dunia industri khususnya pengembangan produk adalah sumber ide itu sendiri. Perusahaan berlomba-lomba dalam menghasilkan ide yang akan terus lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. Kreativitas diyakini banyak dihasilkan oleh generasi muda yang masih memiliki kebebasan berpikir, dunia yang lebih luas, kejujuran yang lebih tinggi, dan kepekaan untuk melihat dunia yang lebih baik. Siswa yang berada di tingkat SMA/SMK merupakan salah satu yang tepat untuk menjadi penghasil ide-ide kreatif bagi produk-produk industri. Produk-produk industri pada akhirnya akan dihasilkan dalam suatu sistem manufaktur dimana segala sesuatunya menjadi lebih kompleks. Kreativitas Siswa SMA/SMK perlu digali melalui sebuah pelatihan untuk mengenalkan tahapan proses pengembangan produk itu sendiri. Hal tersebut bertujuan agar ide dan inovasi yang lahir dari kerativitas siswa SMA/SMK tersebut, tidak hanya menjadi konsep namun mampu diproduksi menjadi sebuah produk industri.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.