Penyuluhan Peningkatkan Pemasaran Melalui Pembaruan Desain Kemasan dan Penggunaan Media Sosial

  • Wardani Muhamad School of Applied Science Telkom University
  • Agus Maolana Hidayat
  • Taufan Umbara
  • Yulia Nur Hasanah
  • Robbi Hendriyanto
  • Anak Agung Gde Agung
Keywords:
konten digital, pembaruan kemasan, Kecamatan Pangalengan, UMKM

Abstract

Kegiatan pemasaran menjadi aktivitas utama selain produksi yang menentukan kesuksesan serta kelangsungan usaha UMKM. Tanpa melakukan inovasi pemasaran, UMKM harus siap kalah dengan pesaingnya. Terlebih saat ini mereka dihadapkan dengan pasar global yang telah memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung kegiatan pemasaran. Selain itu, untuk menarik minat beli konsumen, UMKM juga harus memperhatikan kualitas kemasan pada produk yang dijualnya. Untuk membantu meningkatkan pemahaman dan wawasan UMKM di lingkungan Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Universitas Telkom bekerja sama dengan Sentra Kreasi Bandung memberikan penyuluhan yang dapat membantu pelaku usaha dalam membuat konten pada media sosial Instagram serta membuat pembaruan desain kemasan. Untuk memberikan studi kasus yang riil, diserahkan konten-konten digital dan desain kemasan yang baru kepada UMKM Barokah. Kegiatan yang diikuti oleh 16 UMKM tersebut mendapatkan respon yang positif dari peserta. Mereka merasakan manfaat langsung dari kegiatan yang telah dilaksanakan dan berharap kegiatan yang serupa dapat kembali dilaksanakan sehingga dapat menjangkau UMKM yang lebih banyak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 150 times
PDF downloaded = 55 times