Sosialisasi Produksi Penjualan Produk UMKM yang diminati konsumen menggunakan Algoritma C4.5 di Desa Karangdowo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan
Teknologi Informasi, Pelaku Usaha, Algoritma, C4.5
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi sorotan utama dalam memajukan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat UMKM tak hanya berperan strategis dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan ekonomi lokal, namun juga menjadi sumber inspirasi bagi inovasi dan kreativitas. Desa Karangdowo adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Profesi mayoritas warga desa Karangdowo adalah Konveksi, Produk dari hasil konveksi masyarakat sekitar adalah ada yang berupa kemeja, hem, hijab dan lain sebagainya. Kendala saat ini pihak konsumen sudah dengan mudah membandingkan harga, kualitas, kecepatan dan layanan dari suatu usaha. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu inovasi dalam melakukan usaha dengan memanfaatkan suatu konsep Teknologi Informasi salah satunya menggunakan teknik Data Mining. Algoritma C4.5 merupakan algoritma dari data mining yang digunakan untuk memprediksi, dalam melakukan prediksi bersifat klasifikasi yaitu dengan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang mempresentasikankan aturan. Artinya algoritma C4.5 dapat digunakan dalam menentukan produksi penjualan produk UMKM yang diminati konsumen. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan gambaran, dan prediksi produk apa saja yang disarankan untuk dilakukan proses produksi sehingga konsumen masih berminat dan masih memiliki daya saing dengan produk yang sejenis
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.