Indonesia Pengenalan MIT App Inventor Untuk Membuat Aplikasi Android Pada Sekolah SMKN 7 Kota Serang

Introduction of MIT App Inventor for Creating Android Applications at SMKN 7 Serang City School

  • Angga Pramadjaya Universitas Sutomo
  • Asep Suryadi Universitas Sutomo
  • Istiqomah Rohmawati Universitas Sutomo
  • Rully Inkiriwang Universitas Sutomo
  • Stevanes Stevanes Universitas Sutomo
  • Rojul Robani Universitas Sutomo
  • Zulfi Andriansah Universitas Sutomo

Abstract

Teknologi dan ilmu pengetahuan sangat cepat berkembang. Penerapan teknologi di era digital ini, semakin merata, mulai pada sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, perdagangan, perbankan, pemerintahan dan banyak lainnya. Kemajuan di bidang teknologi komputer mendukung perkembangan teknologi serba digital. Akhir-akhir ini, isu digitalisasi pada teknologi digital terus mencuat. Isu tersebut mengarah pada pemerataan implementasi di berbagai daerah dan berbagai bidang. Minimnya literasi digital, keterbatasan SDM, dan keterbatasan infrastruktur yang membuat upaya digitalisasi terbentur atau terhambat. Permasalahan yang terjadi di sekolah SMKN 7 Kota Serang adalah masih banyak siswa siswi khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang masih belum mengerti bagaimana cara membuat aplikasi android. Kebanyakan siswa siswi SMKN 7 Kota serang hanya tau penggunaan aplikasi android saja, tapi tidak bisa membuatnya. Padahal jurusan RPL merupakan jurusan yang berfokus pada software atau aplikasi yang harusnya mampu mengerti bagaimana cara membuat sebuah aplikasi android. Universitas Sutomo hadir dengan memberikan pelatihan pembuatan aplikasi android menggunakan MIT App Inventor, selain aplikasinya open source, proses coding yang tidak rumit dan mudah dalam menggunakannya. Hasil yang didapat dari kegiatan ini pelatihan yang sudah dilakukan nilai rata-rata 25 orang siswa mendapatkan hasil pre-test yang sudah dilakukan sebesar 40,6%, lalu terjadi peningkatan hasil post-test yaitu sebesar 82,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 173 times
PDF downloaded = 351 times