TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK BHAKTI NUSANTARA SIDOHARJO MELALUI PENDEKATAN SANDBOX PHP

  • Sopingi Sopingi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Pembelajaran, Pemrograman Web, Sandbox PHP

Abstract

Pemrograman web dalam bidang bisnis memainkan peran penting dalam pengembangan platform e-commerce, sistem manajemen konten, dan berbagai aplikasi web lainnya yang mendukung operasional perusahaan serta meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, pendidikan memiliki peranan krusial dalam membentuk keterampilan pemrograman web, di mana keberhasilan proses pendidikan sangat bergantung pada efektivitas pembelajaran. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai institusi pendidikan vokasional, memegang tanggung jawab strategis dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja, khususnya di bidang pemrograman web. Hasil observasi dan diskusi awal dengan guru-guru di SMK Bhakti Nusantara Sidoharjo menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemrograman web terutama menggunakan bahasa pemrograman PHP masih belum optimal. Salah satu penyebab utamanya adalah metode pengajaran yang cenderung konvensional dan terlalu berfokus pada teori, tanpa dukungan media praktik yang memadai. Sebagai solusi, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi Sandbox PHP guna mendorong perubahan budaya belajar dari yang bersifat konvensional menjadi lebih berbasis teknologi, serta meningkatkan keterampilan praktis siswa dalam pemrograman web. Metode kegiatan meliputi instalasi dan konfigurasi server Sandbox PHP sebagai lingkungan pembelajaran yang aman, instalasi aplikasi di perangkat client siswa dan guru, pelatihan penggunaan dan manajemen aplikasi dalam konteks pembelajaran, serta simulasi proses belajar menggunakan platform tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Sandbox PHP dalam pembelajaran pemrograman web telah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melalui kegiatan ini, siswa dan guru memperoleh pengalaman langsung dalam mengoperasikan lingkungan pemrograman yang aman, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran vokasional di era digital

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
Section
Articles