https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/issue/feed Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2023-05-29T04:35:06+07:00 Sri Jumini srijumini@unsiq.ac.id Open Journal Systems <p>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ&nbsp;is the publication media of the results of the National Seminar. It is held by the Physics Education Study Program of FITK UNSIQ. Seminar activities were first carried out in 2018 and are held regularly every two years.</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4453 Implementasi IoT (Internet of Things) Berupa Pembuatan Sakelar Jarak Jauh Berbasis Android 2023-03-31T05:07:51+07:00 Aditya Bagas Yudhatama adityabagasyudhatama@student.uns.ac.id Lilik Andre Nugroho adityabagasyudhatama@student.uns.ac.id Rahmat Taufiq adityabagasyudhatama@student.uns.ac.id <p>Penyebab pemborosan energi yang paling sering terjadi adalah lupa (Rahmadyani &amp; Kusuma, 2019). Untuk mengatasi pemborosan listrik yang disebabkan oleh manusia tersebut salah satunya adalah dengan dengan membuat sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan mikro kontroler yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuatan sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan Arduino Nano dan (2) mengetahui prinsip kerja sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan Arduino Nano. Prosedur dalam penelitian ini dibagi dalam lima tahapan, yaitu (1) tahap perancangan; (2) tahap pembuatan desain; (3) tahap penentuan komponen; (4) tahap pembuatan alat; dan (5) tahap percobaan alat. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan arduino nano berhasil dibuat; dan (2) berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan arduino nano dapat digunakan untuk mengontrol on/off sakelar menggunakan android melalui aplikasi Blynk.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4455 Meningkatkan Kreativitas AUD melalui Bermain Outdoor di PAUD TPQ Roudhatul Muhajirin Jolontoro Sapuran 2023-03-31T05:17:26+07:00 Al Imroah sriharyanto@unsiq.ac.id Sri Haryanto sriharyanto@unsiq.ac.id Nugroho Prasetya Adi sriharyanto@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh bermain <em>outdoor </em>terhadap kreatifitas anak di PAUD TPQ Roudhotul Muhajirin Jolontoro Sapuran. 2) Mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas AUD melalui bermain <em>Outdoor </em>di PAUD TPQ Roudhotul Muhajirin Jolontoro Sapuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsif dengan subjek penelitia anak kelompok B berjumlah 11 anak terdiri dari 5 anak laiki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan&nbsp; lembar wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan selama proses pembelajaran. Untuk mencapai derajat kebenaran keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan tehnik triangulasi yaitu gabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menyeleksi data, mendeskripsikan data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain <em>oudoor </em>berpengaruh pada kreativitas anak kelompok B hal ini terbukti pada kriteria yang didapat anak yaitu berkembang sangat baik. Kreativitas anak meningkat dengan permainan di halaman sekolah atau <em>outdoor </em>hal ini terbukti bahwa anak semakin kreatif dan dapat melakukan hal-hal baru. Dapat disimpiulkan bahwa bermain <em>outdoor </em>dapat meninggkatkan kreativitas anak kelompok B.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4456 Pembuatan Media Pembelajaran Digital Fisika Berbasis Web Application pada Platform Android dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa SMA Kelas X pada Materi Gerak Parabola 2023-03-31T05:23:56+07:00 Ari Suko Priyambodo aripriyambodo@student.uns.ac.id Farid Rahmat Hidayat aripriyambodo@student.uns.ac.id Muhtar Husnadi aripriyambodo@student.uns.ac.id <p>Saat ini masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mata pelajaran fisika khususnya pada materi gerak parabola, karena bahan ajar yang digunakan oleh guru masih berisfat konvensional dan tidak mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak mengakomodasi gaya belajar siswa saat ini. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran digital berbasis <em>Web Application</em> pada <em>platform Android</em> dengan pendekatan Saintifik untuk membantu siswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan dan menguji kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi : (1) Analysis, (2) Design (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluate. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, kuisioner respon siswa yang dianalisis menggunakan analisis gain score. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi memperoleh hasil 64 dan pada aspek tampilan memperoleh hasil 67, sehingga media pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran “FisikAKU” berbasib W<em>eb Application</em> pada <em>Platform Android</em> dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa SMA Kelas X pada Materi Gerak Parabola dapat dinyatakan memenuhi kriteria baik yaitu memenuhi kriteria <em>self instructional, self contained, stand alone, adaptive </em>dan<em> user friendly</em></p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4457 EFEKTIFITAS METODE SOROGAN UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN SIROJUS SYUHADA’ TAMBI WONOSOBO 2023-03-31T05:29:02+07:00 Muhammad Fakih Udin muhammadfaqh12@gmail.com Ahmad Zahudin muhammadfaqh12@gmail.com Fatiatun Fatiatun muhammadfaqh12@gmail.com <p>Strategi sorogan merupakan salah satu teknik konvensional dalam pembelajaran kitab kuning yang sampai sekarang masih diterapkan, khususnya di sekolah- sekolah pengalaman hidup Islam. Teknik sorogan dipandang sebagai strategi yang sangat ampuh, karena penggunaan teknik sorogan bergantung pada sasaran utama, khususnya ketepatan dalam membaca, menemukan kepuasan, dan memiliki pilihan untuk mengungkap substansi membaca. Budaya sekolah pengalaman hidup Islami dalam strategi sorogan ini menitikberatkan pada adanya keamanan yang dekat dengan rumah dan pengawasan yang terkonsentrasi di antara para pendidik dan siswa. Eksplorasi ini merupakan penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah strategi persepsi, dokumentasi dan pertemuan. Untuk sementara, untuk pemeriksaan informasi, pencipta menggunakan metodologi subjektif. Dilihat dari hasil pemeriksaan informasi dalam percakapan postulat ini, cenderung terlihat bahwa strategi sorogan merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam kemajuan kemampuan membaca kitab kuning. Akhir dari ulasan ini adalah “Keberlangsungan strategi sorogan untuk menggarap kapasitas membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Sirojus Syuhada sangat berhasil”.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4458 Implikasi Gaya Sentripetal Terhadap Sentrifugal Dalam Perspektif Al Quran Sebagai Titik Balik Keimanan 2023-03-31T05:33:36+07:00 Farah Afika Nur Jannah farahafika575@gmail.com Deni Aryati farahafika575@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk membangun serta meningkatkan pemahaman keimanan seseorang. Al Qur’an sebagai pedoman menjalani kehidupan bagi umat muslim memiliki kandungan makna mendalam yang dalam memahaminya tidak dapat dilakukan secara mentahan. Beberapa isi kandungan Al Qur’an dapat di pahami melalui ilmu pengetahuan umum yaitu ilmu Fisika. Salah satu ilmu fisika yang terkandung di dalam Al Qur’an yaitu terkait gaya sentripetal dan gaya sentrifugal yang terdapat didalam Surat Fussilat ayat 53, Surat Al Anbiya ayat 33 dan Surat Ar Rahman ayat 17. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka atau literatur review dilanjutkan dengan proses analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa besarnya gaya sentripetal sama atau sebanding dengan besarnya gaya sentrifugal. Kedua gaya tersebut yaitu gaya sentripetal dan gaya sentrifugal dapat diibaratkan dengan kehidupan makhluk hidup di muka bumi yang memiliki besar nilai yang sama. Gaya sentripetal diibaratkan dengan keimanan sesorang, dimana pusat lintasan diibaratkan sebagai kitab suci umat muslim yaitu Al Qur’an. Sedangkan gaya sentrifugal diibaratkan sebagai godaan manusia di dalam kehidupan. Besarnya godaan yang diterima seorang manusia sebanding dengan tingkat keimananya. &nbsp;</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4460 ANALISIS KEBUTUHAN MODUL FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA 2023-03-31T05:48:18+07:00 Resiana Heri Agusti resiana.heri.agusti@gmail.com <p>Untuk mengetahui keadaan dan masalah belajar yang dialami oleh siswa dan sebagai pedoman untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian analisis kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan study literatur, penyebaran angket, serta wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon peserta didik dan panduan wawancara guru Fisika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Fisika belum memfasilitasi siswa untuk memaksimalkan ketrampilan berpikir kritisnya. Proses komunikasi yang terjadi selama pembelajaran masih didominasi oleh guru (<em>teacher oriented </em>learning), sehingga interaksi dalam pembelajaran yang diharapkan dapat berlangsung aktif dan interaktif belum tercapai. Dalam pendekatan CTL komponen-komponen pembelajarannya membantu siswa untuk memaksimalkan ketrampilan berpikir kritisnya. Penerapan pendekatan CTL ini akan lebih optimal jika menggunakan media pembelajaran seperti modul.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4461 PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SDN 1 PAGERSARI TAHUN AJARAN 2021/2022 2023-03-31T05:54:18+07:00 Rinneke Kurnia rinekekurniaemailkuliah@gmail.com Nasokha Nasokha rinekekurniaemailkuliah@gmail.com Firdaus Firdaus rinekekurniaemailkuliah@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada pembentukan karakter disiplin menggunakan pendekatan <em>behavioristik</em> dengan metode sosiodrama. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan wawancara.Penelitian ini dilakukan di SDN1 Pagersari dengan subjek peserta didik kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.Teknik analisis yang digunakan yaitu persentase dan deskriptif kuantitatif<em>.</em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentuk karakter disiplin&nbsp; melalui&nbsp; pendekatan<em>behavioristik</em> dengan metode sosiodrama ini mampu meningkatkan karakter disiplin siswa. Hal ini terlihat dari persentase indikator karakter disiplin yang mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4462 PENGARUH AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSOBO 2023-03-31T06:01:48+07:00 Setyaningtyas Yusri Winanti nugroho@unsiq.ac.id Noor Aziz nugroho@unsiq.ac.id Nugroho Prasetya Adi nugroho@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial terhadap kecerdasan spiritual siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah metode korelasional. Sampel berjumlah 35 siswa yang diambil dengan <em>cluster random sampling</em>. Analisis data meliputi analisis inferensial, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, Uji T, Uji Korelasi Ganda, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh aktivitas keagamaan yang signifikan terhadap kecerdasan spiritual siswa, 2) Terdapat pengaruh lingkungan sosial yang signifikan terhadap kecerdasan kecerdasan spiritual siswa, 3) Terdapat pengaruh aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial yang signifikan terhadap kecerdasan kecerdasan spiritual siswa. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial siswa, maka akan berpengaruh semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa kelas XI SMK Negeri 1 Wonosobo.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4463 PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOKBERMAIN AN NAWAWI TEMPUREJO TAHUN AJARAN 2022/2023 2023-03-31T06:05:27+07:00 Siti Ngaisyah nugroho@unsiq.ac.id Nugroho Prasetya Adi nugroho@unsiq.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah:&nbsp; (1) Untuk mengetahui bagaimana Peran guru dalam mengenalkan makanan&nbsp; bergizi seimbang pada anak usia di Kelompok Bermain An Nawawi Tempurejo&nbsp; tahun 2022/2023. (2) Untuk mengetahui bagaimana Peran Orang tua dalam mengenalkan makanan bergizi seimbang di Kelompok Bermain An Nawawi Tempurejo tahun 2022/2023. (3) Untuk mengetahui apa&nbsp; saja faktor penghambat dan faktor pendukung guru dan orang tua dalam mengenalkan makanan bergizi seimbang di pada anak usia dini Kelompok Bermain An Nawawi Tempurejo tahun 2022//2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (<em>Field research</em>) penelitian ini dilakukan pada siswa KB An-Nawawi Tempurejo Kalibawang Wonosobo. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara observasi.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4464 Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Loose Parts Anak Kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran 2023-03-31T06:11:27+07:00 Tri Wiyanti sriharyanto@unsiq.ac.id Sri Haryanto sriharyanto@unsiq.ac.id Fatiatun Fatiatun sriharyanto@unsiq.ac.id <p>Rendahnya kemampuan berhitung anak usia dini disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang menarik minat belajar. Media yang digunakan yaitu jari-jari dan anak-anak &nbsp;itu sendiri. Penelitian ini akan dikembangkan mengenai efek pembelajaran <em>loose parts</em> dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran dan mengetahui apakah media <em>loose parts</em> dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran. <em>Loose parts </em>adalah benda-benda terlepas yang dapat dipindahkan, dimanipulasi dan cara penggunaannya ditentukan oleh anak. Subjek penelitian berjumlah 18 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis &amp; Mc Taggart, melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat&nbsp; langkah&nbsp; tersebut merupakan&nbsp; suatu&nbsp; siklus &nbsp;atau&nbsp; putaran. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus melalui 2 pertemuan dengan 2 rpph. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi dalam proses pembelajaran dengan media <em>loose parts. </em>Teknik analisis data dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 diperoleh sebesar 22,2%, pertemuan 2 menjadi 44,4%. Siklus II terjadi kenaikan yang signifikan yaitu pertemuan 1 diperoleh 83% dan pertemuan 2 menjadi 100%. Disimpulkan bahwa media <em>loose parts </em>efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4649 PENGARUH INTENSITAS KEGIATAN PONDOK TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS SANTRI MA’HAD MAMBA’UL QUR’AN MUNGGANG WONOSOBO 2023-05-29T04:12:57+07:00 Ria Karomatu Tsaniyah riatsaniyah62@gmail.com Maryono Maryono riatsaniyah62@gmail.com Sri Jumini riatsaniyah62@gmail.com <p>Di masa modern ini banyak bisa sikatakan hampir mayoritas orang tua yang menitipkan anaknya di pondok pesantren. Pada zaman sekarang nama pondok mulai dikenal di seluruh lapisan masyarakat, hamppir semua masyarakat tau pondok pesantren, tidak seperti zaman dahulu yang hanya minoritas orang yang mengetahui pondok pesantren.Setiap orang tua pasti mengharapklan yang terbaik untuk anakanya. Baik untuk saat kecik maupun masa tuanya. Dizaman yang semakin berkembang ini, tak lepas juga maraknya pergaulan bebas yang terjadi, bukan hanya dikota-kota besar, tetapi pergaulan bebas sudah menjalar di masyarakat pedesaan. Hal ini termasuk sebagian kecil alasan mayoritas orangtua menitipkan putra/putrinya di pondok pesantren. Di pondok pesdantren tidak jauh dari kata intens/ Intensitas. Kata ini berasal dari kata dalam bahasa inggris, yaitu <em>intense</em> artinmya semagat, rajin, gigih, giat. Adapun kata intens Menurut kamus besar bahasa indonesia, intensitas bisa diterjemahka sebagai ukuran intensnya, sedangkan religiusitas mrupakan agama yang berarti ajaran, suatu sistem yang dapat mengatur perihal iman seseorang serta bagaimana kita beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akidah yang ada hubungannya dengan pergaulan manusia dengan manusia yang lain.Tujuan penelitian penulis diantaranya yaitu: 1) untuk mengetahui intensitas kegiatan pondok, 2) untuk mengetahui tingkat religiusitas santri, 3) agar penulis dan pembaca mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas kegiatan pondok terhadap tingkat religiusitas santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Munggang Wonosobo. Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasual komparatif. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi daripada penelitian ini adalah santri putri MMQ Munggang Wonosobo dengan sample penelitian yaitu santri siswa MAN sedrajat yang berjumlah 35 santri. pengumpulan datanya dilakukan dengan menyebarkan angket, yang disebarkan kepada santri MAN sedrajat. Analisis uji instrumen yaitu menggunakan uji validitas. Kemudian untuk analisis data, penulis &nbsp;menerapkan rumus regresi linear sederhana dan menggunakan uji F.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4650 Relasi Konsep Pembiasan Cahaya dalam Buku Ajar Fisika Dasar II Terhadap Syafaq Al-Ahmar ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an dan Sains 2023-05-29T04:17:15+07:00 Abdul Malik Hakim rachmanelfath@gmail.com Fatkhurrohman Fatkhurrohman rachmanelfath@gmail.com nugroho prasetya adi rachmanelfath@gmail.com <p>Fenomena <em>syafaq al-ahmar</em> merupakan fenomena yang dapat terjadi sehari-hari. Fenomena tersebut telah tertulis dalam Q.S. Al-Insyiqaq ayat 16 dan telah ditafsirkan oleh ahli tafsir kontemporer bahwa fenomena tersebut memunculkan warna merah akibat adanya pembiasan. Kurang lengkapnya penjelasan dalam tafsir, sehingga dibutuhkan referensi khusus dalam menejelaskan konsep pembiasan, Selanjutnya Buku Ajar Fisika Dasar II merupakan buku yang menjelaskan konsep pembiasan cahaya. Tidak adanya penjelasan terkait fenomena <em>syafaq al-ahmar</em> membuat kurangnya relasi penjelasan antara pembiasan dan fenomena <em>syafaq al-ahmar.</em> Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan objek penelitiannya adalah penelitian kepustakaan <em>(library research)</em> dan bentuk penelitian adalah studi komparatif. Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi terkait konsep pembiasan cahaya dalam Buku Ajar Fisika Dasar II, deskripsi konsep <em>syafaq al-ahmar</em> dalam Al-Qur’an dan tafsirnya, serta analisis perbandingan dan relasi dari kedua konsep tersebut.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4651 PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI 23 NGADIWARNO KABUPATEN KENDAL TAHUN 2021/2022 2023-05-29T04:26:06+07:00 Hesti Wahyuningsih Wahyuningsih hestiwahyu1234@gmail.com Muhtar Sofwan Hidayat hestiwahyu1234@gmail.com Pamungkas Setya Mulyani hestiwahyu1234@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik penelitian yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Peran guru dalam meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran tematik. Pada saat pembelajaran tematik berlangsung ada beberapa fenomena-fenomena yang menyangkut pembelajaran tematik, seperti ada beberapa siswa yang kurang bersemangat ketika mengikuti pelajaran khususnya dimasa pandemi covid-19. Siswa tidak memperhatikan guru pada saat guru sedang menerangkan pelajaran tematik khususnya dimasa pendemi covid-19. Masih ada siswa yang tidak mencatat materi yang dijelaskan oleh gurunya. Masih ada siswa yang kurang berani dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4652 Factors Affecting Consumptive Behavior in Entrepreneurial Attitude 2023-05-29T04:30:42+07:00 Eni Candra Nurhayati enicandra@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya perilaku konsumsi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan dengan thitung 3,306 dan signifikansi 0,001 berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. (2) kesesuaian dengan thitung sebesar -1,816 dan nilai signifikan 0,072 berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif. (3) Terdapat pengaruh positif gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 9,455 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 3,340 dan nilai signifikansi sebesar 0,001.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/4653 The Effectiveness of the Existense of a Market Revitalization Program 2023-05-29T04:35:06+07:00 Eni Candra Nurhayati enicandra@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas program revitalisasai pasar tradisional berdasarkan variabel <em>input,</em> proses dan <em>output</em> di Pasar Tradisional Mandiraja serta dampaknya terhadap pendapatan pedagang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>probabillty sampling</em> dengan <em>simple random sampling</em>. Penelitian ini dilakukan di Pasar Tradisional Mandiraja dengan jumlah sampel 110 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Analisa deskriptif untuk mengetahui tingkat efektivitas program revitalisasi pasar tradisional dan uji Wilcoxon untuk mengetahui dampak program revitalisasi pasar tradisional terhadap pendapatan pedagang. Hasil Analisa data menunjukan tingkat efektivitas program revitalisasi pasar tradisional berdasarkan variabel <em>input</em> sebesar 68% (cukup efektif), tingkat efektivitas program revitalisasi pasar tradisional berdasarkan variabel proses sebesar 70% (cukup efektif), tingkat efektivitas program revitalisasi pasar tradisional berdasarkan variabel <em>output</em> sebesar 61,3% (cukup efektif). Tingkat efektivitas program revitalisasi pasar tradisional secara akumulasi sebesar 66,42% (cukup efektif). Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah program revitalisasi pasar tradisional yang didominasi oleh penurunan pendapatan.</p> 2023-03-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##