Factors Affecting Consumptive Behavior in Entrepreneurial Attitude
Affecting Consumptive, Behavior, Entrepreneurial Attitude
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya perilaku konsumsi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan dengan thitung 3,306 dan signifikansi 0,001 berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. (2) kesesuaian dengan thitung sebesar -1,816 dan nilai signifikan 0,072 berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif. (3) Terdapat pengaruh positif gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 9,455 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 3,340 dan nilai signifikansi sebesar 0,001.
Downloads
References
Apriiani, Nia.S.,& Utomo, Edhar.P. (2019). Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram Terhadap Pengeahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, 13 (2), 179-190.
Arifin, Ferina. (2018). .Pengaruh Literasi .Keuangan, Gaya Hidup dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(1), 107-118.
Hasbi, Muh. (2018). Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Angkatan 2016. Universitas Negeri Makasar.
Pulungan, Delyana.R. & Febriaty, Hastina. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Manajemen, 2 (3), 103-110.
Tribuana, Lita. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Penendalian Diri dan Konformitas Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. PRISMA, 1 (1), 145-155.
Wahyuni, Rika, dkk. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4 (3), 548-559.
Wibowo, Bambang Setia. (2018). Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 9 (1), 1-12.
Aramitha, Nadya. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan Grabfood Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016 pengguna aplikasi Grab). Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mutrofin, Luluk. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kontrol Diri Dan Respon Pada Iklan Terhadap Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1).
Janah, Nafisah.R. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kos Di Jalan Buluh Cina Kelurahan impang Baru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru.