PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI 23 NGADIWARNO KABUPATEN KENDAL TAHUN 2021/2022
Pembelajaran tematik, peran guru dalam pembelajaran
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik penelitian yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Peran guru dalam meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran tematik. Pada saat pembelajaran tematik berlangsung ada beberapa fenomena-fenomena yang menyangkut pembelajaran tematik, seperti ada beberapa siswa yang kurang bersemangat ketika mengikuti pelajaran khususnya dimasa pandemi covid-19. Siswa tidak memperhatikan guru pada saat guru sedang menerangkan pelajaran tematik khususnya dimasa pendemi covid-19. Masih ada siswa yang tidak mencatat materi yang dijelaskan oleh gurunya. Masih ada siswa yang kurang berani dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan.
Downloads
References
A.M, Sadirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada.
Adip Rifki Setiawan. 2020. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik, Jurnal Basicedu, Vol 4. No. 1
Ani Kadarwati. M. Pd dan Malawi.2013 Pembelajafran Tematik Konsep Dan Aplikasi.Solo: CV. AE Media Grafika.
Anshory, Ichsan dan Saputra. 2013. “Pembelajaran Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak.
Arikunto Suharsono. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dea Kiki, Nabila Zahwa. 2020. Peran Guru Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar.
E. Mulyasa, M. Pd. 2012. Managemen BerbasisSekolah, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi sutrisno. 2004. Metodologi Resetch 1, Yogyakarta: Andi Offset.
Halide. Penerapan Model Networked (Jejaring) Dalam Pembelajaran Terpadu Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, hal 525
Hamalik. 2014. Pendidikan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.
Kosasi Raflis, Soetjipto 1999. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.
Moh. Mukhlis.” Pembelajaran Tematik” Vol. 4 No. 1. 2012
Muhammad Shabir. 2009. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik, Makasar: Departemen Of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Alauddin Makasar.
Poerdawarminta, WJS. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Riwudan. 2010. Dasar-dasar Statistika, Jakarta: Alfabeta.
S Haji. 2015. “pembelajaranTematik Yang Ideal Di SD/MI “sekolah Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto, Vol. 2 No. 1
Sadirman Rossaeu. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo.
Siti Kholisah. 2020. Application Of Immersed Model For Kindergarten During The Covid-19 Pandemic, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 3
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
ST. Mardiah 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Melalui Connekting Kela VI SDN 7 Panreng, Skripsi Mardinah ST.
Sudjana Nana. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Tim Penyusun Pusat Bahasa Depdiknas. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Ke Empat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Uno Hamzah B. 2009. Teori motivasi dan Pengukuran, Jakarta: Bumi Aksara.
User, Moh Usman. 2001. Upaya Optimasi Kegitan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.