Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Loose Parts Anak Kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran
Berhitung, Anak Usia Dini, Loose Parts
Abstract
Rendahnya kemampuan berhitung anak usia dini disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang menarik minat belajar. Media yang digunakan yaitu jari-jari dan anak-anak itu sendiri. Penelitian ini akan dikembangkan mengenai efek pembelajaran loose parts dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran dan mengetahui apakah media loose parts dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Sapuran. Loose parts adalah benda-benda terlepas yang dapat dipindahkan, dimanipulasi dan cara penggunaannya ditentukan oleh anak. Subjek penelitian berjumlah 18 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart, melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat langkah tersebut merupakan suatu siklus atau putaran. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus melalui 2 pertemuan dengan 2 rpph. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi dalam proses pembelajaran dengan media loose parts. Teknik analisis data dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 diperoleh sebesar 22,2%, pertemuan 2 menjadi 44,4%. Siklus II terjadi kenaikan yang signifikan yaitu pertemuan 1 diperoleh 83% dan pertemuan 2 menjadi 100%. Disimpulkan bahwa media loose parts efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B.
Downloads
References
Andriani, Durri dkk. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Damayanti, Anita dkk. 2020. Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis STEAM dengan Media Loose Parts. Buah Hati 7, No 2.
Dewi, Ni Wayan Uci ratna dkk. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. PAUD Undiksha 9, No 1.
Fahrani Inti dan Adeng Supriyadi. 2020. 300+ Ide Pembelajaran Berbasis STEAM. Jakarta Timur: Bestari (Anggota IKAPI).
Filtri Heleni. 2020. Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Obsesi 4, No 2.
Fitri Mardi. 2019. Peningkatan Kemmapuan Berhiutng melalui Permainan Menjemur Angka pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa banda Aceh. Skripsi Fakultas tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Hadiyanti, Siti Mayam dkk. 2021. Analisis Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampaun Motorik Halus Anak Usia Dini, PAUD Agopedia 5, No 2.
Hijriati. 2016. Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood, Ar-Raniry 1, No 2.
Hikmah et,al. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, Edukasi UNEJ III, No 2.
Lestariningrum, Anik dan Intan Prastihastari Wijaya. 2020. Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun, Pedagogik 11, No 2.
Maghfiroh, Shofia dan Dadan Suryana. 2021. Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Tambusai 5, No 1.
Malapata Elisa dan Lanny Wijayaningsih. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Lumbung Hitung. Obsesi 3, No 1.
Mastuinda dkk. 2020. Persepsi Guru tentang Penggunaan Loose Parts dalam Pembelajaran di PAUD Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, JRPP 3, No 1.
Muhyidin dkk. 2014. Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini jilid 1 Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Musfiroh Tadkiroatun. 2011. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nirawati, Titin dan Rivda Yetti. 2019. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Meja Putar di Taman Kanak-kanak, Riset Tindakan Indonesia 4, No 1.
Nurazizah, Siti dkk. 2020. Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts pada Anak Kelompok B PAUD Unggulan Taman Belia Candi Semarang, Paudia 9, No 1.
Oktriyani, Nova. Oktober 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permaian Lingkaran Angka di Taman Kanak-kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang’ Pendidikan Anak Usia Dini I, No 1.
PERMEN RI Nomor 137. 2014. Tentang Standar Pendidikan AUD. Jakarta: Depdiknas.
Prameswari, Titania Widya dan Anik Lestariningrum. 2020. STEAM Based Learning strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Childreen 4-5 Years, Afektor 7, No 1.
Saputra Aidil. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini, Ilmiah Pendidika Agama Islam 10, No 2.
Saurina Nia.2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality, IPTEK 20, No 1.
Siskawati dan Herawati. 2021. Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A pada Masa Belajar dari Rumah, Pendidikan Luar Sekolah 15, No 1.
Surur Lailatus. 2016. Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun, artikel Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Syaodih Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafanao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Komunikasi 2, No 2.
Wahyuningsih, Sri dkk. 2020. Efek Metode STEAM pada Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Obsesi: Pendidikan Anak usia Dini 4, No 1.
Witri, Rika Ina. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berhitung dan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Loose Parts Pada Anak Kelompok A di RA Bina Amanah Kota Baru”. Dewantara 2, No 2.
Wulansari Dwi. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II Kemloko dengan Menggunakan Model Make A Match, Taman Cendekia 1, No. 2.