PENGARUH AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSOBO

  • Setyaningtyas Yusri Winanti Universitas Sains Al-Qur'an
  • Noor Aziz Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nugroho Prasetya Adi Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Aktivitas Keagamaan, Lingkungan Sosial, Kecerdasan Spiritual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial terhadap kecerdasan spiritual siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah metode korelasional. Sampel berjumlah 35 siswa yang diambil dengan cluster random sampling. Analisis data meliputi analisis inferensial, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, Uji T, Uji Korelasi Ganda, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh aktivitas keagamaan yang signifikan terhadap kecerdasan spiritual siswa, 2) Terdapat pengaruh lingkungan sosial yang signifikan terhadap kecerdasan kecerdasan spiritual siswa, 3) Terdapat pengaruh aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial yang signifikan terhadap kecerdasan kecerdasan spiritual siswa. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi aktivitas keagamaan dan lingkungan sosial siswa, maka akan berpengaruh semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa kelas XI SMK Negeri 1 Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Academia.edu, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan”
Alfiah, “Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan Terhadap Peningkatan Nilai Spiritual Siswa di MAN 1 Watampone” Jurnal Pendidikan Islam; Prodi PAI Pascasarjana IAIN Watampone,https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/download/791/534
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tapis/article/download/1226/1100 https://www.academia.edu/61607847/Salinan_PP_Nomor_57_Tahun_Standar_Isi_Kurikulum_2021 (30 Maret 2022).
Ningtyas, Dea Tara Ningtyas. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan di Lingkungan Sekolah dan Keluarga dalam Membentuk Pengalaman Beragama” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol.2 No.2 Jul-Des 2018.
Qibtiyah, Mariyatul, “Pembiasaan Aktivitas Keagamaan untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MI Mimbarul Huda Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes” (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022), http://repository.iainpurwokerto.ac.id/13033
Saepudin, Aep. “Meditasi Medseba dan Fenomena Sosial Krisis Spiritual Manusia Modern (Spiritualitas Keberagamaan Komunitas Meditasi Medseba), Jurnal Atsar UNISA Vol. 1 No. 1 (2020), https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/28
Sugiyono. 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2019.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.
Wulan, Siti dan Dina Indriyani. 2022. “Dampak Globalisasi Terhadap Perilaku Belajar Siswa di Siswa SMK Negeri 1 Cianjur”. Vol. 30, No.1. DOI https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1
Zohar, Danah dan Ian Marshall, SQ: Spiritual Intelligence- The Ultimate Intelligence, terj. Rahmani Astuti dan Ahmad Nadjib Burhani. 2007. SQ: Kecerdasan Spiritual, Bandung: Mizan Pustaka.
Published
2023-03-31

STATISTICS

Abstract viewed = 225 times
.pdf downloaded = 167 times